Kades Sukamaju, Haris Sugiarto

Laporan : Badri/Yusup

Sukabumi, metropuncaknews.com

Keberhasilan pembangunan di suatu daerah tidak terlepas dari peran serta masyarakat itu sendiri. Seperti halnya keberhasilan pembangunan di Desa Sukamaju Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Semua itu tidak terlepas dari peran serta warga dan keseriusan aparat desa dalam menangani pembangunan di wilayah kerjanya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sukamaju Haris Sugiarto saat ditemui di ruang kerjanya, bebrapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Haris mengatakan, pada tahun 2018 in, sudah banyak pembangunan yang telah diselesaikan. Seperti diantaranya, pengaspalan jalan desa sepanjang 1.050 meter dengan lebar 3 meter. Selain itu juga pengaspalan jalan di RT 11 sampai RT 13.

Selanjutnya, rabat beton jalan lingkungan di Kp Leuwilayung RT 08, Kampung Tangsel RT 04. RT 03. RT05, RT 06. RT 07. RT 09. RT17, RT 24, RT 23 dan TPT di RT 13.

Semua pembangunan itu sudah diselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Adanya pembangunan tersebut, tentu saja banyak manfaatnya bagi masyarakat Desa Sukamaju.

“ Keberhasilan tersebut bukan saya pribadi yang menilai tetapi masyarakat yang menilai karena saya sebagai kepala desa dituntut untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, baik pelayanan administrasi maupun pelayanan dalam pembangunan infrastruktur dan pembangunan non infrastruktur,” jelas Haris.

Selain itu, masih kata Haris, saat ini Desa Sukamaju sudah memiliki mobil Ambulance. Semua itu disiapkan untuk melayani kebutuhan Warga Desa Sukamaju.

Haris menjelaskan, kendaraan Ambulance tersebut disiapkan semata- mata untuk kebutuhan masyarakat. Sehingga apabila ada warga yang sakit atau ada yang mau melahirkan dapat dengan cepat teratasi. Karena kendaraan tersebut berada di kantor desa selama 24 jam. Jadi kapan saja warga membutuhkan Ambulance tinggal menghubungi petugas yang selalu stand by di kantor desa.

“ Kendaraan Ambulance tersebut dibeli menggunakan anggaran dari APBDes tahun 2018, sebelum membeli kendaraan kami mengadakan musyawarah dengan masyarakat dan setelah disepakati baru kami membeli kendaraan dan selanjutnya kendaraan tersebut di modifikasi menjadi Ambulance,” jelas Haris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here