Peletakan batu pertama pembangunan TPT di Kampung Cikaret Desa Sukamaju Kec. Cianjur

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Jauh sebelum menjadi Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, Supardi. S telah berniat untuk membangun jalan menuju Kampung Cikaret. Semula jalan yang saat ini dibangun adalah merupakan jalan setapak di pematang sawah.

Padahal, jalan setapak tersebur merupakan akses cepat menuju dua keRWan di Kampung Cikaret Desa Sukamaju. Itulah sebabnya, jalan setapak itu kini dibangun dengan sangat memadai. Tak tanggung-tanggung jalan setapak di pematang sawah itu, sekarang memiliki lebar 5 meter.

Adapun yang sedang diproses pembangunannya saat ini adalah pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 596 Meter, lebar TPT dasar 0.5 Meter dan muka 0.25 Meter, dengan ketinggian rata-rata 1 Meter.

Pelaksanaan pembangunan TPT tersebut, dikerjakan secara swakelola masyarakat dibawah pengawasan TPK Desa Sukamaju. Pembanguna TPT tersebut menelan biaya sebesar  Rp. 3.37.554.400,- PPN/PPH dari DD tahap II tahun anggaran 2018.

Merupakan suatu kehormatan bagi pemerintah Desa Sukamaju. Karena saat peletakan batu pertama dihadiri  Camat Cianjur beserta  perwakilan dari Polsek dan Koramil Cianjur. Bahkan, dalam pelaksanaan pembangunan TPT tersebut, pihak kepolisian dan Koramil turun langsung mengawasi jalannya pembanguna TPT tersebut.

Dua titik pembangunan yang sudah direalisasikan Desa Sukamaju dari DD ditahun 2018. Yaitu pengecoran pembangunan TPT Jalan Cikaret dan pembangunan Jalan Paseh. Target selanjutnya pengecoran Jalan Munjul dan TPT Jalan Paseh RT 02.

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Ahmad Ijudin mengatakan, dibangunya jalan tersebut tak lain untuk membuka akses jalan lintas bagi masyarakat.

” Sebelumnya jalan itu kan hanya jalan setapak yang berada di pematang sawah, berkat kedekatan kepala desa dengan masyarakat, alhamdulillah ada yang menghibahkan tanah, yang sekarang memiliki panjang 596 Meter lebar 5 Meter,” kata Ahmad. di Kantor Desa Sukamaju, Kamis (30/8).

Pihaknya juga bersyukur, lanjut Ahmad dengan adanya bantuan pemerintah. Masyarakat jadi terangsang untuk menghibahkan tanahnya guna melanjutkan pembangunan. Sehingga mendorong pihak Desa Sukamaju untuk menyegerakan pembangunan.

Ditemui di ruang kerjanya. Kepala Desa Sukamaju, Supardi S membenarkan apa yang dikatakan Ahmad Ijudin.

” Benar, jalan tersebut sebelumnya merupakan jalan setapak di pematang sawah, berkat dukungan dari masyarakat dan bantuan pemerintah pembangunan jalan bisa terlaksana dan saya menamai jalan tersebut Jalan Pardillah,” jelas Supardi, seraya menambahkan, dengan dibangunnya jalan tersebut harga tanah menjadi mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here