Rumah di bantaran Sungai Cisokan, terendam banjir

Laporan : Shandi/R Dhany

Cianjur, metropuncaknews.com – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Cikananga, Desa Sindangsari, Kecamatan Leles dan Kampung Kertamukti RT.01/03, Desa Mekarsari, Kecamatan Agrabinta, Cianjur Selatan. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (6/11) sekira pukul 03.00 WIB,

Kepada awak media, salah seorang warga Kertamukti Yanto Herlambang (35), sewaktu dihubungi melalui telepon selularnya mengatakan, hujan deras dan angin yang menguyur Kecamatan Leles dan Agrabinta dari hari Senin malam. Hingga mengakibatkan meluapnya kali Cisokan. Akibat luapan Sungai Cisokan tersebut,  rumah warga di sekitar bantaran sungai Cisokan, terendam banjir..

” Banjir menggenangi perumahan warga sekira pukul 7. 30 WIB tadi pagi, beruntung tidak ada korban jiwa ataupun rumah warga yang rusak, tapi alhamdulilah air sudah mulai surut, hanya saja untuk saat ini warga membutuhkan tempat pengungsian,” kata Yanto, seraya berharap, pemerintah melalui dinas terkait akan segera mengirimkan bantuan logistiknya.

Sementara Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ir Moch. Sobur mengatakan, banjir dan tanah longsor tersebut disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi serta berlangsung lama.  Sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Cisokan.

Informasi sementara yang didapat BPBD Kabupaten Cianjur, dampak dari kejadian tersebut adalah terdapat rumah warga yang terendam luapan air sungai sebanyak tujuh Kepala Keluarga (KK), terendamnya lumbung padi, terendamnya peternakan ayam, halaman SMKN 1 Leles terkena longsor.

Selain itu berdasarkan laporan kepada BPBD adanya jembatan beton dan jembatan gantung di Desa Sukasirna Kecamatan Leles, Cianjur Selatan rusak parah, serta di Kecamatan Agrabinta terdapat 58 KK terkena dampak banjir dan membutuhkan bantuan.

Upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Cianjur saat ini, telah mengirimkan Tim Pelaksana Tugas (TPT), untuk melaksanakan assessment atau kaji cepat ke lokasi kejadian untuk mendata kembali dampak yang diakibatkan banjir dan tanah longsor tersebut.

“ Selain itu, pihak BPBD Kabupaten Cianjur, mengirimkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, tambahan gizi, paket lauk pauk, alat kebersihan dan bantuan sandang,” terang Sobur.

Lebih lanjut Sobur mengatakan, keberangkatan Tim Pelaksana Tugas (TPT) BPBD Kabupaten Cianjur, untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Kabupaten Cianjur.

“ Hal itu perlu dikorrdinasikan lebih lanjut mengingat terdapat jembatan yang mengalami kerusakan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here