Tim Monev Kec Haurwangi saat berada di lokasi pembangunan TPT

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Desa Ramasari Kecamatan Haurwangi, Cianjur,  memiliki area pesawahan yang cukup luas. Hingga mayoritas penduduknya memiliki keahlian bercocok tanam padi dan pala wija. Seperti halnya, menanam cabai keriting, oyong, mentimun, jagung, kacang panjang, pare dan jenis sayuran lainnya.

Seluruh jenis tanaman pertanian tersebut, supaya kualitasnya meningkat, maka perlu adanya aliran air yang cukup memadai yang bisa diatur sesuai kebutuhan para petani. Air  masuk ke seluruh area pesawahan dengan cara teratur.

Untuk itu, Pemerintahan Desa Ramasari, setelah turunnya dana bantuan dari program Dana Desa (DD) tahap 2 anggaran tahun 2018, langsung mennerapkannya pada pembangunan Tembok Penyangga Tanah (TPT) saluran irigasi tercier. TPT tersebut dibangun mulai dari Istapeng sampai dengan Kampung Leuweung Kalong sepanjang panjang 460 meter. Selain itu juga menbangun gedung sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kamung Raksabala.

Pembangunan TPT saluran irigasi tercier dan Gedung PAUD dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan Desa {TPKD) dibantu organisasi kemasyarakatan desa setempat. Maka dengan adanya itu diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyaraka Desa Ramasari. “ Khussusnya dibidang pertanian dan dibidang pendidikan,”  ucap Kades  Ramasari Agus Sumarna.

Sementara itu, Ketua TPK Desa Ramasari, Asep Sudrajat membenarkan, seluruh pembangunan infrastruktur TPT saluran Irigasi tercier di Kampung Leuweung kalong dan pembangunan gedung sekolah PAUD di Kampung Raksabala, itu dikerjakan pihak TPKD yang dibantu langsung pihak organisasi kemasyatakatan desa,  di sesuaikan dengan Bestek yang ada.

Dua pembangunan tersebut, pekan lalu telah rampung dibangun dan dua hari yang lalu telah diperiksa pihak Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) tingkat Kecamatan Haurwangi. Diharapkan, pecairan DD tahap berikutnya lancar sesuai dengan harapan semua pihak. “ Karena selutuh pembangunan tersebut, diharapkan akan mampu mensejahtrakan seluruh warga Desa Ramasari,” jelas Asep Sudrajat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here