Laporan : Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknew.com – Desa Rahong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur realisasikan pembagian Program Bantuan langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa Anggaran tahun 2020, Kamis, pekan lalu. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya masyarakat  yang berdatangan ke Kantor Desa Rahong dengan wajah ceria. 

Salah seorang penerima BLT DD Ibu Andi warga  masyarakat Kp. Gunung Geulis RT.07/02 Desa Rahong mengatakan,  ia sudah jompo dan tidak punya suami. Untuk kebutuhan hidup sehari-harinya hanya mengandalkan bantuan anaknya.

Maka dengan ada bantuan ini, tentunya sangat membantu sekali. Bu Andi berharap, warga lainnya yang hari ini tidak dapat bantuan, kedepanya dapat bantuan juga. 

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khusunya pada Kepala Desa Rahong yang telah memberikan perhatian khusus pada orang tua seperti saya ini. Semoga segala kebaikannya dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlimpah,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ata warga Kp. Babakan Lewo. Menurut dia, dirinya sudah tidak bisa kerja karena kondisi fisikya yang lemah ditambah adanya gangguan penglihatan. Sehingga sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan keluarga.

Maka dengan adanya bantuan ini setidanya dapat mengurangi beban hidupnya meskipun hanya untuk 6 bulan kedepan. “ Selama ini saya hidup juga dibantu anak-anak saya saja, namun dengan adanya wabah Corona ini usaha anak saya berhenti, untung disaat susah ada bantuan dari pemerintah,” ujarnya dengan wajah ceria.

Sementara itu Kepala Desa Rahong, Engkos Koswara dalam pengarahannya pada penerima batuannya mengatakan, Desa Rahong telah mengelontorkan anggaran dari Dana Desa untuk 252 orang penerima bantuan. Kreteria penerimanya berdasarkan usulan dari ke RT an masing masing yang ada di Desa Rahong.

Sedangkan besaran tiap penerima Rp. 600.000,- Diharpkan, bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat di massa pandemi Covid 19.

Engkos Koswara menegaskan, pihaknya  berharap tidak ada pihak manapun dan dengan dalih apapun berani memotong bantuan tersebut. Untuk itu, Engkos Koswara meminta pada warga, untuk tidak sungkan-sungkan melaporkan jika ada oknum yang memotong bantuan tersebut.

 Engkos juga menyebutkan, pelaksanaan penyaluran bantuan langsung tunai di Desa Rahong berjalan dengan baik. Masyarakatpun disiplin dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan sebelum masuk ruangan pelayanan. Menggunakan masker dan menjaga jarak.

Atas terlaksananya penyaluran BLT DD dengan, baik dan lancar, Engkos mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut.

“ Terutama pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, sehingga semua tahap penyaluran bantuan berjalan dengan tertib dan aman,” ujarnya.  Sementara itu pihak Bank Jabar Cabang Cibeber yang diwakili Deden saat ditemui  awak media mengatakan, penyaluran bantuan langsung tunai di Desa Rahong ini berjalan tertib, lancar dan aman serta mengikuti protokol kesehatan.  

Kalaupun ada kekurangan persyaratan paling hanya surat kuasa apabila penerimanya tidak bisa hadir karena sakit atau sedang diluar kota.  Dan itupun cukup dibuatkan surat kuasa tanpa mengunakan materai dan tidak harus ada tangan kepala desa tapi cukup tanda tangan RT atau RW dan distempel. “ Juga tidak membawa KTP yang penting ada KK nya dan cocok datanya itu sudah cukup,”  jelas Deden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here