Laporan : Sam

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Neglasari Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, bagikan 568 Kartu Identitas Anak (KIA) pada warganya.

Pembagian KIA tersebut, diberikan langsung secara simbolis oleh Kepala Desa Neglasari Enci Nurhayati pada 10 orang anak. Kgiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Neglasari, Rabu (4/8 /2021).

Kepala Desa Neglasari Enci Nurhayati mengatakan, pembagian 568 KIA itu merupakan Program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang diwakili pihaknya pada masyarakat.

Menurut Encu, KIA tersebut nantinya akan berguna bagi keluarga dan anak itu sendiri. Karena diantaranya bisa digunakan untuk persyaratan mendaftar sekolah. Dapat digunakan sebagai syarat mengurus perbankan. Dapat digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS dan untuk mengurus klaim asuransi.

Dalam hal lain, jika si anak mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, dapt digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi dan juga mengurus klaim kesehatan. KIA juda dapat digunakan dalam pengurusan imigrasi. KIA berfungsi untuk mencegah perdagangan anak.

Selanjutnya, Enci mengimbau pada  seluruh warga Desa Neglasari yang anaknya telah memiliki KIA, agar KIA tersebut jangan sampai hilang. “ Simpan dengan dokumen keluarga lainnya dan semoga bermanfaat,” pesannya.

Sementara itu, salah seorang orang tua yang anaknya menerima KIA. Ade Kusnadi (42) mengatakan, dengan menerimanya KIA, pihaknya merasa bersyukur juga merasa bangga. Karena anaknya menerima KIA.

“ Kami mengucapkan terima kasih pada Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Camat Bojongpicung dan Kepala Desa Neglasari yang telah peduli pada seluruh warga Desa Neglasari dan memberikan KIA, semoga bermanfaat. Terimakasih pak. seluruh anak saya telah memiliki KIA semoga besar manfaatnya,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here