Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemilihan Langsung Ketua RT (Pilkate) di Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Cianjur, Minggu (18/07), dilaksanakan secara serentak di setiap kampung. Seperti halnya Pemilihan Ketua RT, 02, RT, 03/ RW, 01, RT, 01/RW 02. RT 02/RW, 03. RT, 02/ RW 04. RT, 02, RT, 03 RT 04/ RW 10 dan Ketua RT 01, RT, 02 RT 03/ RW 11,  dipilih warga setempat mirip seperti pemilihan umum lainnya.

Panitia Pilkate menyiapkan dan menyediakan bilik suara, kotak suara, surat suara, katru suara dan alat penunjang Pilkate lainnya. Setelah selesai pencoblosan kartu suara, panitia langsung menghitungnya dengan dicatat dipapan tulis, pada kertas yang disediakan panitia. Tidak ketinggalan para saksi dari setiap Calon RT hadir  menyaksikan penghitungan suara.  

Kepala Desa Nanggalamekar Hilman menjelaskan,  setelah selesai melaksanakan pemilihan para Ketua RW pada pekan lalu langsung melaksanakan pemilihan Ketua RT di setiap ke RW-an yang ada di Desa Nanggalamekar. Pilkate tersebut dilaksanakan secara umum langsung  bebas dan rahasia. Dipilih oleh warga setempat dengan cara pemilihan layaknya Pilkades.

Dilaksanakannnya Pilkate setsebut, karena para ketua RT telah habis masa jabatannya. Sebanyak 11 Ketua RT dan dari 11 Pilkate tersebut sudah terdaftar sebagai Ketua RT terpilih. Yaitu diantaranya, Ketua  RT 02/01 terpilih, M. Sukirman. RT, 03/01 Supiandi, RT, 01/02 Enjah, RT 02/03 Iroh Rohmawati, RT 02/04  Dedi. RT 02/10 Dedi Sutisna, RT 03/10  Wawan, RT 04/10 Ema, RT 01/11 Hasanudin, RT 02/11 Iyus dan Ketua  RT 03/11 terpilih Ayi Kusmiran.

Setelah dilakukan Pilkatr tersebut, Hilman mengatakan, pihaknya akan segera melaksanakan pelantilan dan pembinaan para ketua RT/RW terpilih. “Kami berharap, para Ketua RT terpilih mampu menjalankan tugas sesuai tupoksinya,” harap Hilaman.

Sementara itu, salah seorang anggota BPD Nanggalamekar Dadang Dalung menambahkan, selama pelaksanaan Pilkate, BPD eksis memantau jalan Pilkate tersebut. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaanya. Selama Pilkate berlangsung ditiap Kampung terlaksana dengan tertib,lancar dan aman.

“ Semoga dengan adanya Ketua RT/RW  yang baru mampu memiliki semangat baru dan mampu membantu masyarakat dan mampu membantu jalannya roda pemerintahan desa.” ucap Dadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here