Kades Nagrak Dadan Buldan

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Memiliki tujuan mensejahtrakan masyarakat, Pemerintahan Desa Nagrak siap programkan ‘Tatanen. Program tersebut datang langsung dari Kementrian Pertanian RI.

Diharapkan, dengan adanya program tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk bertani. Karena dari pihak Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan berupa pupuk dan benih, dan diyakini masyarakat bisa sejahtera dengan bertani.

Ditemui saat pelaksanaan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL), Rabu (3/10), Kepala Desa Nagrak Kecamatan Cianjur, Dadan Buldan menuturkan, Tatanen adalah penanaman padi, apalagi padi di Desa Nagrak hasilnya bagus.

” Maka dengan adanya perintah dari Kementrian Pertanian, jadi keterlibatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang diperintahkan oleh atasannya, khususnya dibidang pertanian mulai dari penanaman sampai panen hasilnya bagus dengan menggunakan pupuk organik, jadi kedua unsur tersebut harus terlibat didalamnya, ” tutur Dadan.

Disinggung mengenai moto ‘Dari Petani Oleh Petani Untuk Petani’, Dadan menjelaskan, sekarang kan rata-rata pengerjaannya oleh PPL, Babinsa, Baninkamtibmas. Termasuk perangkat desa dan masyarakat itu selalu menanam padi berbarengan. “ Dari mulai tanam, pemeliharaan air dan pembangunan solokannya juga diperhatikan untuk para petani di desa,” jelasnya.

Adapun jenis padi yang ditanam seperti Rojo lele, Cintanur dan segala macam itu bagus untuk wilayah Nagrak. Lalu kenapa tidak menanam pandan wangi? ” Supaya tumbuhannya sama rata paling kita menanam Pandan putri, kalau menanam pandan itu lama dan bisa berpengaruh pada tanaman lainnya,” jelas Dadan.

Selanjutnya Dadan mengimbau kepada masyarakat, kalau ada keluhan supaya berkoordinasi dengan PPL, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Karena itu juga membantu untuk pertanian wilayah desa. “ Terakhir mengenai bantuan dari Kementrian Pertanian itu memang ada, tapi berupa bantuan pupuk dan benih sesuai quota lahan pertaniannya, bukan bantuan modal,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here