Peserta Diklat Pelayanan Publik di aila Desa Mekarwangi

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com -Dalam rangka menungkatkan kapasitas pelayanan publik dan menuju desa mandiri, Pemerintahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, menggelar Pendidikan dan Latihan, Penyuluhan tentang pelayanan terhadap publik. Diklat tersebut dilaksanakan di aula Desa Mekarwangi, Rabu (31/10) .

Diklat dan penyuluhan tersebut,. dihadiri Ketua Umum Abpednas Pusat, Ketua dan pengurus Abpednas Kabupaten Cianjur, Muspika Haurwangi yang sekaligus sebagai narasumber. Seluruh peserta terlihat antusias dan acara terkesan hidup, utamanya saat sesi tanya jawab.

Ketua Umum Abpenas Pusat Jakarta, H. Deden Syamsudin menjelaskan, pihaknya datang ke Desa Mekarwangi atas dasar undangan langsung dari Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman  untuk menjadi nara sumber Diklat. Karena pihaknya dengan Cecep Surahman merupakan teman akrab sejak dulu.

Deden mengatakan, menjadi nara sumber Diklat, pembinaan  bidang materi pemerintahan desa, itu biasanya di tingkat provinsi yang ada di Indonesia. Namun karena adanya kedekatan, maka pihaknya langsung datang dan sekaligus silaturhmi karena telah lama tidak berjumpa.

Saat Diklat berlangsung, pemateri paling banyak itu seluruhnya disampaikan narasumber dari Abpednas Kabupaten Cianjur. “ Seperti halnya oleh Ketua Umum Abpednas Kabupaten Cianjur, Rini Pujiastuti beserta jajarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Abpednas Kabupaten Cianjur Rini Pujiastuti menambahkan, memang benar Ketua Umum Abpednas Pusat itu, datang karena diundang lansung pihak kepala desa dan hanya memberikan materi pokok tentang kinerja BPD dengan penerintahan desa. Sedangkan materi lainnya disampaikan pihak jajaran Abpednas Kabupaten Cianjur dan Muspika Haurwangi.

Menurut keterangan, Diklat tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. Sedangkan  tujuannya agar Kepala Desa dengan BPD mampu bekerja dengan sinergis dan mampu menjadi desa yang mandiri.

Selain itu, diharapkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Cianjur  mampu melaksanakan Diklat, penyuluhan terhadap aparatur desa, BPD dan para Ketua RT/RW. “ Supaya mampu melaksankan tugas pelayanan dengan baik dan benar, seperti halnya Pemerintahan Desa Mekargangi,” tutur Rini Pujiastuti.

Dilain pihak, Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman menjelaskan, dilaksankannya Diklat tersebut bukan hanya sekarang saja, tapi pihaknya sering melaksanakannya. Seperti halnya pada kepada PKK, Kader  Posyandu, Kader Dasawisma, para Kelompok Tani, Karang Taruna dan pada tokoh masyarakat.

“ Hal itu dilakukan tiada lain untuk meningkatkan kinerja, pelayanan seluruh aparatur desa, BPD dan seluruh organisasi kemasyarakatan desa, dengan itu kedepannya Desa Mekarwangi, mampu sejajar dengan desa yang sudah dianggap maju di Kabupaten Cianjur,” ucap Cecep Surahman,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here