Babingkamtibmas Desa Mekarjaya, Aipda Jhon Sianturi Bersama BPD dan Kades memantau pembangunan fisik dari alokasi DD. Foto istimewa

Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, metropuncaknews.com — Supaya keberadaan desa lebih maju dan sejahtera dari sebelumya. Pemerintahan Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka Cianjur, terus berbenah diri. Meski harus bergelut dengan berbagai kesibukan, terutama dalam penanganan pencegahan Covid 19. Namun berkat kerja keras dan rasa tanggungjawab terhadap keberadaan desa, terbukti Pemerintahan Desa Mekajaya mampu melakukan pembangunan di desanya.

Melalui bantuan pusat berupa Dana Desa (DD) yang baru dicairkannya, berbagai gerakan pembangunan pun terus dilaksanakan di desa tersebut. Terutama pembangunan fisik berupa jalan rabat beton, jembatan dan drainase.

Kepala Desa Mekarjaya Ahmad Saepudin menjelaskan, bantuan dana pembangunan yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Desa Mekarjaya jumlahnya bisa mencapai milyar rupiah. Demikian juga  untuk tahun 2020. Adapun sumbernya seperti, dari ADD, DD, dan BanProv.

Lebih lanjut Ahmad Saepudin  mengatakan, untuk tahun 2020 pembangunan fisik yang dilaksankan di Desa Mekarjaya, berupa pembuatan jalan rabat beton sepanjang 192 meter dengan ketebalan 15 centimeter yang lokasinya di Kp Cibeureum. Selanjutnya pembangunan TPT di Kp Cidadap Hilir dengan volume panjang 125 meter, terus pembangunan jembatan dengan panjang 11 meter, dan lebar 150 centimeter, lokasi di Kampung Bongas. “ Kemudian pembangunan jembatan di Kampung Sawah Gadog dengan volume panjang 11 meter dan lebar 1,50 meter,” ujar Ahmad Saepudin kepada wartawan, Selasa (5/5).

Ahmad menjelaskan, dibangunnya jalan rabat beton tersebut untuk memberikan kelancaran transportasi bagi warga setempat. Menurutnya, pembangunan jalan rabat beton memang sudah menjadi prioritas. Tujuannya untuk mempermudah akses masyarakat dalam melakukan akrtivitas sehari-hari.

“ Jalan yang kami bangun tersebut, sebelumnya hanya  berupa jalan tanah yang setiap harinya dilalui oleh warga. Kalau sedang musim hujan jalan tersebut selalu digenangi air dan menjadi becek, oleh karena itu kami prioritaskan pembangunan rabat benton,” jelas Kades Mekarjaya yang baru dilantik 2 bulan lalu.

Dikatakannya, semua yang sedang dibangun itu sama sangat dibutuhkan. Namun pembangunan untuk jalan rabat beton di Kp Cibeureum ini lebih diperlukan masyaraka. Karena sebagian besar masih berupa jalan tanah.

“ Maka dari itu melalui program dana desa ini kami prioritaskan untuk membangun, agar akses transportasi masyarakat menjadi lancar dan aman, terlebih bagi warga yang melewati jalan tersebut dengan menggunkan sepeda motor,” terangnya.

Ditempat sama, Babingkantibmas Desa Mekarjaya, Aipda Jhon Sianturi mengatakan, selain untuk mengawasi proses pembanguan, pihaknya juga sekalian untuk memastikan kalau selama bekerja mereka selalu menerapkan protokol kesehatan dan Maklumat Kapolri.

” Ya disituasi sekarang ini, untuk warga yang melakukan kegiatan harus juga memperhatikan protokol kesehatan dan Maklumat Kapolri,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here