Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Saking jengkelnya pada warga yang membuang sampah di pinggir jalan, Pemerintahan Desa Mekargalih Kec. Ciranjang Kab. Cianjur bersama tokoh masyarakat setempat membuat sayembara. Yakni, siapa saja yang bisa menemukan dan menangkap pembuang smpah di pinggir jalan, diberi imbalan Rp. 500 ribu.

Hal itu dilakukan, karena akibat perbuatan warga yang kurang disiplin membuang sampah sembarangan, hanya dalam kurun waktu satu pekan sampah di pinggir jalan sudah menggunung. Hal itu terjadi di pinggir jalan raya Ciranjang – Bojongpicung. Tepatnya di Kampung Rawawabango RT 01/07 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur.  

Pemerintahan Desa Mekargalih beserta warga setempat telah beberapa kali membersihkannya. Seperti yang dilakukan  puluhan warga RW 07-08-09 dan RW 10 Desa Mekargalih, Minggu (28/02/ 2021). Warga gotong royong membersihkan sampah yang menggunung di pinggir jalan raya Kampung Rawabango.

Membersihkan sampah kali ini, dipandu langsung Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, MUI, Ketua RW 07-08, para ketua RT dan tokoh masyarakat setempat.

“ Setelah itu, oknum warga yang membuang sampah  tersebut akan dikenakan denda senilai Rp 2,5 juta dan diberi sanksi lainnya sesuai Perdes yang ada,” jelas H. Dadang tokoh masyarakat warga Kampung Rawabango Wetan.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih Taryat Dibrata (60) menambahkan, membersihkan sampah yang menggunung di pinggir jalan  Kampung Rawabango, dikerjakan dengan gotong royong. Kompak antara warga RT 07,08,09 dan warga RT 10, dengan perangkat Desa, Binmas, Binsa juga tokoh masyarakat.

Kegiatan gotong royong itu, merupakan membersihkan sampah untuk yang kesekian kalinya. Selanjutnya sampah dibuang ke TPA Pasir Sembung Cianjur. Saking kesalnya dengan adanya warga yang membuang sampah di pinggir jalan. Maka beberapa tokoh masyarakat akan memberikan imbalan pada siapa saja yang menemukan warga sedang membuang sampah di pinggir jalan, upahnya senilai Rp 500 ribu,” ujar Kades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here