Laporan : Dan Nahili

Sukabumi, – metropuncaknews.com – Dipenghujung tahun 2020, Desa Margaluyu Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi membangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Pembangunan TPT tersebut dilaksanakan di Kampung Pasirmuncang – Cigadog. Masyarakat setempat, menyambut antusias pembangunan TPT tersebut.  Karena dengan adanya TPT tersebut, diharapkan masyarakat, tak ada lagi luapan air saat terjadi hujan.

Pembangunan TPT yang bervolume 96 × 1.7 + 2.2 × 0.3 meter itu bersumber dari Dana Desa (DD) anggaran tahun 2020 itu. Adapun biaya untuk pembangun TPT itu, diperkirakan menelan biaya hingga Rp. 92.034.420,- termasuk PPN, PPH dan operasional. Pelaksanaan dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan Desa Margaluyu dan Ketua Rt 12 dan Ketua Rw setempat.

” Alhamdulillah pembangunan TPT di Kampung Pasirmuncang- Cigadog ini sudah selesai dibangun,” kata Ketua TPK Desa Margaluyu E.Kusnadi, Kamis (31/12).

Lanjut E. Kusnadi, awalnya memang sempat kebingunan lantaran harus mengejar target. api berkat kerjasama anggota TPK, Ketua RT dan RW setempat serta dukungan dari masyarakat, pembangunan TPT bisa diselesaikan juga.

” Sehubungan mungkin sedang adanya Covid-19, jadi kucuran dana desa datangnya diakhir tahun. Tapi walau bagaimanapun juga saya mewakili masyarakat dan pemerintah desa mengucapkan banyak terima kepada pemerintah pusat yang sudah mengucurkan anggaran untuk pembangunan desa disaat pandemi Covid-19,” ujar Kusnadi.

Kepala Desa Margaluyu, H. Saepuloh, menambabkan, dengan dilaksnakannya pembangunan TPT tersebut, diharapkan masyaralat sebagai penerima manfaatnya, siap merawatnya supaya tidak cepat rusak dan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

” Intinya masyarakat harus bisa merawat dan menjaganya untuk kepentingan publik,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here