Lahan kosong disamping aula Desa Mangunkerta yang dipergunakan untuk pembangunan Posyandu

Laporan: shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Sehubungan dengan terbatasnya pelayanan Posyandu di Kampung Mangun RT.03/04 Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang, Cianjur. Pemerintah Desa Mangunkerta berinisiatif untuk menggunakan tanah desa, sebagai lahan  untuk membangun Posyandu.

Ya, di atas tanah milik desa seluas, lebar 6 m x panjang 8 m, di samping aula Desa Mangunkerta, telah dibangun Posyandu untuk memenuhi kebutuhan pelayan publik. Terutama dibidang kesehatan ibu dan anak.

Pelaksanaan pembangunan bangunan tersebut, dilaksanakan selama bulan puasa (1439. H) kemarin.

Pelaksanaannya dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Mangunkerta, dengan total anggaran Rp. 80.146.600,- (delapan puluh juta seratus empat puluh enam ribu enam ratus rupiah) yang bersumber dari APBDes Tahun Anggaran 2018.

Untuk pelayan kesehatan ibu dan anak selama ini, dilaksanakan di aula desa. “ Sementara tuntutan dari pemerintah pusat, pelayan posyandu harus terpisah, agar tidak mengganggu pelayan publik yang lain,” tutur Ira Rismayati SIP saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (2/7).

Ira juga mengatakan, ada lahan kosong disamping aula. “ Kenapa tidak untuk digunakan sebagai lahan pembangunan Posyandu,” kata Ira.

Selanjutnya Ira berharap, dengan adanya bangunan posyandu tersebut, bisa bermanfaat. Hingga mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mau melakukan konsultasi tentang kesehatan yang di dampingi para kader PKK dan perangkat desa. “ Hal itu sangat penting, guna meminimalisir terjadinya penyakit yang tidak diharapkan pada balita, ibu hamil dan menyusui serta Lansia,” jelas Ira pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here