Kepala Desa Mandalawangi, Veranika

Laporan : Agus

Bandung Barat, metropuncaknews.com – Potret kemiskinan masih tergambar di Desa Mandalawangi, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Terbukti dengan masih adanya puluhan rumah tidak layak huni yang ditempati warga. Ketidak mampuan masyarakat untuk memenuhi standar kehidupan yang layak baik sandang, pangan maupun papan menjadi sebuah masalah yang harus segera dicarikan solusinya.

Demikiam dikatakan Kepala Desa Mandalawangi Veranika saat  ditemui di kantornya, Senin (5/11). Lebih lanjut Veranika mengatakan. pemenuhan standar kehidupan yang layak dan pengentasan kemiskinan merupakan tugas berat yang diemban Pemerintahan Desa Mandalawangi.

“ Untuk itu, Pemerintah Desa Mandalawangi telah mempersiapkan dan sedang menjalankan beberapa program yang diharapkan dapat menjadi solusi,” ucapnya.

Seperti untuk tahun anggaran 2018, lanjut Veranika, pihaknya tengah menjalankan program pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Sebanyak 26 rumah tidak layakhuni dibangun dan anggarannya diambil dari Dana Desa.

Program Rutilahu bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mencapai standar hidup yang layak. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan papan (perumahan). “ Program tersebut dilaksanakan dengan memberikan bantuan langsung berupa bahan-bahan sekaligus pekerjanya yang dikerjakan langsung oleh Tim Pengelola Kegiatan Desa (TPKD).” jelasnya

Veranika berharap, dengan adanya pembangunan Rutilahu ini, dapat mengurangi beban masyarakat dalam masalah perumahan. Selanjutnya, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes( diharapkan mampu menjadi lembaga yang dapat membantu memberikan kesejahtraan bagi masyarakat Mandalawangi.

“ Hingga Desa Mandalawangi benar-benar menjadi desa yang Bersemi, (Bersih Sejahtra Rasional dan Agamis),” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here