Pengerjaan betonisasi di Kampung Parungbitung RW:01/02/03 Desa Kertamukti

Laporan : Iriyanto

Cianjur, metropuncaknew.com – Digelontarkannya bantuan Dana Desa (DD) dari pemerintah Tahun 2018. Pemerintah Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, mengoptimalkan pembangunan infrastruktur jalan. Yaitu jalan yang berukuran panjang 550 m, lebar 2,5 m. Hal itu dilakukan karena akan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Selain itu, juga dilakukan  perbaikan drainase. Jum’at (21/12) kemarin.

Asep Maksum pelaksana TPK saat di temui, mengatakan, adanya DD tersebut masyarakat sangat senang dan merasa terbantu. Karena dengan DD tersebut, beberapa program kerja desa dapat terlaksana. Maka tak heran saat pelaksanaan pembangunan disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat.

“ Masyarakat turun dan bergotong-royong saat proses pembangunan. jalan tersebut dikerjakan, karena jalan itu tadinya belum tersentuh pembangunan dan pasti akan becek saat musim penghujan, kini mulai dibangun,” kata Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dalam pelaksanaan betonisasi yang berada di wilayah Desa Kertamukti, tepatnya di Kampung Parungbitung RW:01/02/03, menggunakan anggaran bantuan dari Dana Desa.

“ Semoga dengan bantuan Dana Desa kedepannya dapat memaksimalkan sisa-sisa pembangunan yang belum terselesaikan hingga semua program pembangunan dapat terealisasikan,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina mengatakan, berkembang dan maju salah satunya dapat dinilai dari baik buruknya infrastruktur di desa tersebut. Maka dengan digelontorkannya Dana Desa (DD) oleh pemerintah yang mencapai angka triliunan rupiah menandakan, Pemerintahan Indonesia sangat serius dalam pecepatan pembangunan infrastruktur yang ada di desa.

Hal ini tentunya demi kenyamanan dan pemerataan perekonomian masyarakat. Karena buah karya dari Dana Desa harus terserap dan di rasakan langsung oleh masyarakat. Hal itu pun menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi kepala desa serta jajaranya di pelosok tanah air.

Demikian pula halnya di Desa Kertamukti, Dana Desa tahap 3 yang telah diterima langsung di alokasikan ke beberapa titik. Salah satu peningkatan infrastuktur jalan di Kampung Parungbitung.

“ Yaitu, panjang kurang lebih 550 m,dan lebar 2,5 m, dengan ketebalan 0,15 m. yang pengerjaannya sudah hampir rampung, kini jalan tersebut yang dulunya agak riskan dilalui karena berbatu dan licin pada musim hujan sekarang bisa dilalui dengan nyaman,” ungkap Kepala Desa Kertamukti.

Cepi juga mengatakan, dengan dibangunnya jalan tersebut diharapkan bisa mendongkrak roda perekonomian  masyarakat. Hingga tingkat kesejahteran warga Desa Kertamukti bisa sejajar dengan warga desa lainnya yang telah maju.

“ Kami berharap, semua jalan desa bisa tersentuh, sehingga nantinya bisa di lanjutkan ke jalan lingkungan. Namun tentunya kami pun berharap, masyarakat dapat menjaga dan merawat hasil pembangunan agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal,” harap Cepi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here