Laporan : Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk meningkatkan syiar Islam dan ukhuwah Islamiyah serta mempererat tali silaturahmi, Pemerintahan Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi  Kabupaten Cianjur, menyelenggarakan acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.  Acara tersebut diselenggarakan di Kp.Leuwengmalang RW 08, Kamis (29/11) kemarin.

Acara diawali dengan Sholat Isya berjamaah dipimpin Ketua DKM. E Sutarya yang juga tokoh masyarakat Kp. Leuweungmalang RW:08.

Pada kesempatan itu Sutarya mengatakan, kegiatan ini sebagai momen untuk  mendekatkan diri kepada Sang Pencipa dan junjunan Nabi Besar Muhammad SAW.

Selain itu, peringatam Maulid Nabi Muhammad merupakan sebuah momen untuk mengenang zaman nabi. Selanjutnya dijadikan contoh suri tauladan dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan itu, yakni “ Jalankan Ibadah dan Muammalah Sesuai Syari’at dan Sunnah”.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Suci Alquran yang dilantunkan Ananda Rosida, santri Masjid Al-Hikmat, sambutan.  Ketua Panitia Agus Yusuf dan sambutan Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina.

Kepala Desa Kertasari Cepi Agustina dalam sambutannya mengatakan, malam kelahiran Nabi adalah malam yang sangat mulia. Muhammad lahir di Mekkah dari seorang ibu bernama Aminah dan ayahnya Abdullah. Kakek Nabi Muhammad bernama Abdul Muththalib. Atas kelahiran Nabi Muhammad itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca salawat nabi sebanyak-banyaknya, sebagai ungkapan rasa cinta kepada Baginda Rasul. Salawat nabi itu dapat dibaca pagi, siang, sore, ataupun setelah mengerjakan shalat yang lima waktu.

Pada kegiatan itu, ditampilkan rebana yang dibawakan santri dari Ponpes Al Inabah Kampung Mareleng. Mereka melantunkan lagu-lagu pujian kepada Nabi.

Kegiatan semakin meriah dan haru menandakan cintanya kepada Rasul ditandai dengan Marhaban (lagu-lagu pujian kepada Nabi Muhammad SAW) yang dilantunkan oleh kaum muda-mudi RW.08 Desa Kertamukti. Selanjutnya tausyiah agama yang disampaikan Ustadz H. Muhammad Dadan Sungkawa, MA.

Dalam tausiahnya Ustadz Dadan mengatakan, umat Islam dituntut untuk mengikuti langkah-langkah Nabi Muhammad SAW dengan selalu taat kepada Allah dan selalu mengikuti semua perintah Allah SWT. Selain itu, meski Nabi Muhammad sudah diutus sebagai Nabi dan Rasul, namun kepribadian Nabi Muhammad tetap konsisten sebagai hamba yang selalu bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini terlihat dalam kehidupannya sehari-hari Rasullulah.

Sementara Ketua DKM E Sutarya dan Agus Yusuf selaku tokoh masyarakat di Masjid Al Hikmat mengucapkan terima kasih pada Kepala Desa Kertamukti  atas kepeduliannya pada acara keagamaan. Selanjutnya Sutarya mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti pengajian. Karena pengajian merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. “ Dan kami akan selalu siap mendukung program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya Pemerintahan Desa Kertamukti,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here