Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Disaat gencar-cencarnya Pemkab Cianjur melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19,  masyarakat dikagetkan dengan terbetiknya kabar, ada beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur yang sudah jadi zona merah dan kuning.  Setelah itu, menyusul kabar jika Kabuten Cianjur akan memberlakukan  Pembatasan Sosial Berskala Besar.(PSBB) di beberapa kecamatan yang sudah jadi zona merah.

Untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan terjadi, setiap desa yang ada di Kecamatan Haurwangi,, terus melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Seperti yang dilakukan Pemerintahan Desa Kertamukti, melakukan penyemprotan disinsfektan di setiap jalur jalan desa, Kabupaten dan jalur jalan nasional. Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan dengan menggunakan mobil Damkar.

Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina menjelaskan, untuk menjaga penyebaran virus Corona,  pihaknya  melaksanakan penyemprotan disinsfektan di sepanjang jalur jalan umum yang ada di wilayah Desa Kertamukti dengan menggunakan mobil Damkar. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang ke 2 kalinya dilakukan. Karena menjelang puasa pernah dilaksanakan hal yang sama.

Sedangkan penyemprotan disinsfektan di setiap permukiman warga, dilakukan hampir setiap pekan sekali dan besok lusa akan  dilaksanakan lagi secara serempak disetiap kampung yang ada di Desa Kertamukti.

Cepi juga mengatakan, untuk  penyemprotan disinsfektan dengan menggunakan Mobil Damkar, direncanakan akan dilakukan 6 kali lagi atau selama Covid-19 masih ada.

Diharapkan, dengan dilakukannya berbagai uaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan, menggunakan masker, cuci tangan, jaga jaran dan upaya lainnya, pandemi Covid-19 akan cepat berakhir. Menghilang dari muka bumi dan wilayah Kabupaten Cianjur dan khususnya Haurwangi kembali masuk dalam kategori zona hijau.

Selain itu pihaknya mengucapkan terima kasih pada jajanran petugas Damkar Wilayah Ciranjang, pihak Kecamatan Haurwangi, Puskesmas Cipeuyeum, Bhabinkatibmas, Babinsa, BPD, Karang Taruna, Retanas Desa dan Ketua RT/RW yang telah ikut andil dalam kerjasama mengantisipasi penularan pandemi Covid-19.

Sementara itu, salah seorang anggota BPD Kertamukti Kang Arom Suhadi (60) menambahkan, dengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat terlihat panik juga merasa khawatir. Karena takut ketularan Covid-19. Maka dengan adanya upaya yang dilakukan pihak Pemerintahan Desa Kertamukti, banyak yang mengapresiasi dan berterima kasih.pada pihak desa.

Warga berharap, hal itu dapat dilakukan secara berkesinambungan, minimal sepekan sekali dilakukan penyemprotan disinsfektan kesetiap lingkungan pemukiman warga dan jalan jalan umum. “ Semoga di Kecamatan Haurwangi tidak ada yang terkena virus Corona dan semoga Covid-19 cepat berakhir,” harap Arom Maksudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here