Pembangunan TPT dilaksanakan di wilayah Kp. Buniayu RW 04 sampai dengan Kp. Parungbitung dengan panjang 140,5 meter.

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk menjaga tanah di pinggiran jalan desa agar tidak anjlok atau longsor dan juga menjadi terlihat rapi, dilakukan penataan. Yaitu dengan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT). Maka saat Dana Desa (DD) tahap 1 turun, tak menunggu lama Pemerintahan Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur langsung membangun Tembok Penahan Tanah. Pembangunan TPT tersebut dilaksanakan di wilayah Kp. Buniayu RW 04 sampai dengan Kp. Parungbitung dengan panjang 140,5 meter. Pembangunan TPT tersebut menghabiskan  anggaran sebesar Rp. 95.328.900.

Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina, saat ditemui di kantornya Kamis (16/5) mengatakan. pembangunan TPT yang hari ini sedang dilaksanakan pembangunannya, memang sudah menjadi prioritas pembangunan di Desa Kertamukti. Sedangkan biayanya diambil dari anggaran Dana Desa tahap 1 sebesar Rp. 95.328.900.

Pekerjaan dilaksanakan oleh TPKD lanjut Cepi, dengan mempekerjakan masyarakat setempat. Diharapkan, selain masyarakat  mengerjakan pembangunan, masyarakat dapat langsung ikut memantau pekerjaan itu sendiri, agar hasil dari pekerjaan itu baik  seperti yang diharapkan semua pihak.

“ Semoga apa yang telah dibangun oleh pemerintahan desa, dapat dirasakan manfaatnya oleh warga dan tentunya dapat memberikan efek kemajuan dan kesejahtraan bagi warga Desa Kertamukti khususnya,” ucap Cepi.

Sementara salah seorang warga RW 04, Dede Kusnadi mengatakan, dengan adanya kucuran dana dari pemerintah pusat ke desa, ini sangat membantu pembangunan disetiap desa. Sehingga penataan dan pembangunan di wilayah  sangat terasa perbedaannya. Seperti jalan yang tadinya rusak sekarang sudah mulai sebagian menjadi bagus. Juga dengan adanya pembangunan TPT yang hari ini sedang dikerjakan dapat menahan tanah agar tidak ambrol atau juga longsor. Selain itu lingkunganpun akan semakin terlihat rapi dan bersih.

“ Kami pun mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak kepala desa yang telah merealisasikan pembangun yang diinginkan warga Desa Kertamukti,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here