Desa Kertajaya laksanakan Gerakan Normalisasi Irigasi

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Musim hujan tiba. Bagi para petani di Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang, Cianjur, hal itu menandai dimulainya musim tanam (MT). Untuk menunjang hasil produksi para petani tersebut, Pemerintahan Desa Kertajaya melakukan Gerakan Normalisasi Saluran Irigasi Tercier.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Leuweunglame. Pemerintah Desa Kertajaya memperbaiki saluran irigasi sepanjang 1225 meter. Hal itu dilakukan karena airnya akan mengairi lahan sawah seluas 150 Ha. Selain itu, normalisasi irigasi tercier dilakukan pula di Kampung Cibolang, irigasi sepanjang 1100 meter yang akan mengairi lahan sawah seluas 120 ha, diperbaiki.

Normalisasi saluran irigasi tersebut, dilaksanakan langsung Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) dengan mengunakan tenaga kerja lokal. Yaitu warga setempat dengan diberi upah senilai Rp. 50 ribu per orangnya dengan waktu setengah hari.

Kepala Desa Kertajaya Sunandar (46) menjelaskan, dilaksanakannya normalisasi saluran irigasi tercier yang berlokasi di Kampung Leuweunglame dan di Kampung Cibolang itu, semua atas hasil kesepakatan bersama dengan seluruh masyarakat desa.

Karena setelah musim kemarau panjang saat menghadapi MT 1, seluruh saluran irigasi penuh dengan rumpun, dangkal dan tidak sedikit pematangnya yang ambruk. Hingga bila datang air, aliran airnya kurang lancar.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga setelah selesai pengerjaan normalisasi irigasi tercier, akan melaksanakan pembinaan tentang cara mengendalikan hama dan penyakit padi pada seluruh para petani yang ada di Desa Kertajaya .

Kegiatan tersebut,  seluruhnya dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap akhir tahun anggaran 2018 dan sebahagian lagi diterapkan pada pembangunan cor beton jalan desa sepanjang  800 meter dan lebar 2,5 meter.

“ Kami percaya, kedepannya seluruh warga Desa Kertajaya ekonominya akan meningkat, karena seluruh infrasetruktur jalan dan irigasi terus dibangun dengan maksimal,” ucap Sunandar.

Sementara itu, Ketua TPKD Kertajaya Agus Mulyadi (40) menambahkan, selurul pembangunan infrastruktul jalan, irigasi dan pembangunan lainnya, seluruhnya dikerjakan pihak TPKD dibantu organisasi kemasyarakatan desa dan masyarakat setempat.

Seperti pembangunan normalisasi saluran irigasi tercier, cor beton jalan desa dan pembangunan pemberdayaan masyarakat pertanian. Keterlibatannya dalam melaksanakan pembangunan itu semua telah diatur dalam Permen Pedesaan, Pergub, Perbup dan Perdes.

“ Maka dengan adanya itu, semoga Desa Kertajaya kedepannya mampu sejajar dengan desa lainya yang dianggap sudah maju di Kabupaten Cianjur,” harap Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here