Gedung Bumdes Wana Mukti yang tengah direnovasi

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Bangunan Bumdes Wana Mukti milik Pemerintahan Desa Kemang, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, 2 lantai dengan ukuran  10 X 8 meter kini tengah direnovasi. 

Bangunan tersebut, mulanya bekas bangunan koperasi. Namun telah lama tidak digunakan. Setelah Bumdes Wana Mukti didirikan juga aktif bergerak dalam bidang jual beli sembako dan menyewakan alat bangunan (mesin molen), maka bangunan tersebut direnovasi. 

Biaya renovasi bangunan tersebut diambil dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 tahap pertama.Sedangkan pengerjannya dipercayakan pada pihak Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) bekerjasama dengan Organisasi Kemasyarakatan Desa Kemang. 

Diharapkan, dengan direnovasinya gedung Bumdes Wana Mukti, akan dapat menarik minat beli para konsumen. Hingga akan mampu meningkatkan keuntungan yang cukup signifikan. 

Selain sembako dan menyewakan alat bangunan, Bumdes Wana Mukti juga menjuaa produksi khas warga Desa Kemang. Seperti menjual gula aren gandu, bata dan gula semut.

Selain itu, kedepannya akan mengelola jual beli daun pisang batu. Karena daun pisang batu merupakan khas produksi para petani warga Desa Kemang. “ Penjualannya cukup laris di setiap kota besar yang ada di Jawa Barat dan Jabodetabek, Ucap H. Husen Ketua Bumdes Wana Mukti. 

Sementara itu, Kepala Desa Kemang Dadan Subarna menambahkan, untuk Dana Desa Tahun 2019 tahap 2, akan diterapkan pada pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) pinggir jalan Utama Desa Kemang. Karena beberapa bulan lalu ambruk terbawa lonsor  kurang lebih sepanjang150 meter, lebar 60-40 dan 30 Cm dan tinggi 2 meter. 

Maka dengan adanya itu, pihaknya merasa bersyukur. Karena sekarang akses jalan tersebut sudah bisa digunakan kendaraan mobil dan motor. Padahal sebelumnya kondisi jalan tersebut hampir putus dan sulit dilalui kendaraan.

” Jalan hampir putus terbawa longsor, hingga melumpuhkan berbagai aktivitas, setelah dibangunkan TPT maka sekarang sudah bisa dilalui kendaraan mobil dan motor,” jelas Dadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here