Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Dari 11 desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, Desa Kemang  paling awal melaksankan Musyawarah Desa (Musdes) penetapan hasil pendataan  Sustainabe Development Goals (SDGs) Desa

Musdes tersebut, dilaksanakan di Aula Desa dan dihadiri, 2 Orang pendamping, pihak desa, pihak kecamatan, pendamping lokal desa,  BPD, LPM, para penata, RT /RW dan tokoh masyarat desa setempat.

Kepala Desa Kemang, Dadan R Subarna menjelaskan, pelaksanaan pendataan SDGS yang dilaksankan para petugas pendata Ofline sebanyak 39 orang dan pendata Online sebanyak 13 orang dengan waktu kurang lebih 30 hari.

Musdes tersebut menghasilkan data masyarakat Desa Kemang sejumlah 1825 Kepala Keluarga  (KK) dan jumlah berdasarkan survai individu/jumlah penduduk sebanyak 6050 jiwa. Hal itu dilakukan tiada lain untuk memudahkan segala bentuk pelayanan terhadap masyarakat desa yang dilaksankan di setiap desa maupun dipemerintahan Kabupaten, Provinsi dan Pemerintahan Pusat.

Maka dengan selesainya Musdes Penetapan SDGS tersebut, Pemerintah  Desa Kemang diharpkan akan mampu melayani masyarakat dengan cepat. “ Semoga hal itu mampu untuk meningkatkan kesejahtraan  masyarakat Desa Kemang itu sendiri,” Ucap Dadan pada awak media, Selasa (8/6/2021).

Salah seorang pendamping Desa Kecamatan Bojongpicung Irvan Ruseptian (45)  menambahkan, program pendataan SDGs itu, merupakan Program skala prioritas desa yang tertuang dalam Permendesa no 13/2020 tentang skala proritas pembangunan desa tahun 2021.

Tujuan pendataam SDGs tersebut, sebagai data acuan desa untuk melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan. Kedepannya setiap desa wajib merencanakan pembangunan desa berdasarkan data SDGs.

Selain itu,  SDGs berfungsi sebagai data kependudukan desa yang  valid. “ Sehingga kedepannya data tersebut  akan dikembangkan dalam program sistem informasi desa yang terintegrasi dengan sistem pelayanan dalam melayani kebutuhan masyarakat,” ujar Irvan.

Lebih lanjut Irvan mengatakan, pihaknya selaku pendamping desa memberikan apresiasi pada Pemerintah Desa Kemang Kecamatan Bojongpicung. Karena mampu paling awal menyelesaikan pendataan SDGs yang sekaligus mengelar penetapan hasil pendataan SDGs.

“ Atas semua itu, semoga mampu menjadi faktor penyemangat bagi desa lainnya yang ada di Kecamatan Bojongpicung untuk segera menyelesaikan pendataan SDGs, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here