Jalan alternati Batu Karut Desa Jatisari Kec. Bojongpicung, dicor beton

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jalan alternatif menuju desa lain yang membentang di tengah pesawahan sepanjang kurang lebih 310 meter, lebar 2 meter yang terletak di  Kampung Batu Karut, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, sekarang sedang dibagun dengan menggunakan cor beton Site Mix. 

Dibangunnya jalan tersebut, setelah cairnya Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2019. Pengerjaan cor beton jalan tersebut dikelola langsug pihak Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD). Dibantu pihak organisasi kemasyarakatan Desa Jatisari. . 

Pjs Kepala Desa Jatisari Agus Saepudin menjelaskan, pembangunan cor beton ruas jalan Kampung Batu Karut itu, berdasarkan hasil kesepakatan seluruh warga Desa Jatisari. Yaitu melalui musyawarah desa yang hasilnya dituangan pada Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes). 

Agus menambahkan, dibangunnya jalan alterntif itu, tujuannya untuk meningkatkan kesejahtraan warga itu sendiri. Karena dengan adanya jalan yang bagus maka akan mampu meningkatkan perekonomian warga. Seperti untuk mengangku hasil saat panen padi, palawija dan hasil panen ikan yang ditanam di sawah milik para petani akan lebih cepat terjual pada tengkulak. 

Tidak hanya itu saja, bila ada ibu hamil mau melahirkan untuk dibawa ke bidan atau orang sakit mau dibawa ke kelinik atau rumah sakit maka akan lebih cepat teratasi. “ Karena ruas jalnnya bagus  dan rata, hingga kendaraan bisa lebih cepat,” ucap Agus. 

Sementara itu, TPKD Jatisari, Iyep (50), menambahkan, ruas jalan Kampung Batu Karut yang merupakan jalan anternatif menuju desa lain dan sebaliknya, panjang seluruhnya sekitar 1000 meter lebih. Pembangunannya dilaksanakan sengan cara bertahap. Seperti  DD tahun anggaran 2018 telah dikerjakan kurang lebih 300 meter dan DD tahap pertama tahun anggaran 2019, dikerjakan lagi dengan panjang 310 meter  dan sisa jalan yang belum dibangun sekitat 400 meter lagi, akan dibangun pada anggaran tahap berikutnya. 

Maka dengan adanya itu, pihaknya merasa bersyukur dan berterima kasih pada seluruh warga Desa Jatisari yang telah ikut andil memberikan suport. Sekaligus apresiasi pada pihak Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung dan pada Pemkab Cianjur. 

Selain itu, Iyep menitipkan pada warga supaya mampu menjaga dan memelihara jalan yang baru selesai dibangun. “ Supaya hasil pembangunannya dapat dirasakan warga secara maksimal.” ucap Iyep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here