Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com -. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jamudipa Kecamatan Warungkondag Kabupaten Cianjur, selenggarakan Musyawarah Desa (Musdes), Sabtu (24/8). Hal itu dilakukan dalam rangka penyusunan realisasi Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2019. Selain itu juga merupakan rangkaian dari tindak lanjut penggalian aspirasi masyarakat dari 2  Dusun yang berada di Desa jamudipa. Acara tersebut dihadiri Muspika Warungkondang.

Musdes RKPDes dilaksanakan dengan berpedoman pada Permendesa No. 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Ketua BPD Jamudipa Deden Supriatna menjelaskan, unsur masyarakat yang dilibatkan dalam Musdes ini terdiri dari.
Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat,
Tokoh Pendidik. Perwakilan Kelompok Perempuan dan  Perwakilan Kelompok Masyarakat Miskin serta Kader Posyandu.

“ Selain unsur masyarakat yang dimaksud, musdes tersebut juga dihadiri oleh Pendamping Desa Bidang Pembangunan,” ujar Deden saat dihubungi awak media, minggu (25/8).

Sementara itu, Kepala Desa Jamudipa Asep Abdullah memaparkan tentang Realisasi APBDes tahun 2019. Dijelaskannya, Musdes RKPDes bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan desa di tahun 2020.

Asep berharap, melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan. Sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa demi terwujudnya pemerataan pembangunan di Desa Jamudipa.

Ada pun tahapan penyusunan RKPDes sesuai dengan Permendagri No.114 thn. 2014 tentang Pedoman pembangunan Desa. Semua unsur yang terkait harus saling bersinergi dalam membangun desa.

“ Sedangkan usulan pembangunan hendaknya mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat (prioritas), tentunya dengan mengacu pada program RPJMDes,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here