Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk melayani masyarakat lebih cepat, akurat dan nyaman, Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Cianjur, membuka pelayanan pembuatan KTP, KK, dan Akta Kelahiran, secara online.

Maka dengan itu, seluruh masyarakat Desa Haurwangi, bila ingin membuat, KK, KTP, dan Akta kelahiran bisa diproses langsung di Kantor Desa Haurwangi. Karena sistem pengerjaannya dilakukan langsung online ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapul) Cianjur.

Kepala Desa Haurwangi H. Dede Supyanudin mengatakan, berbagai pelayanan di Desa Haurwangi, itu akan terus ditingkatkan. Hal itu dilakukan sesuai dengan visi misi yang telah dijanjikan saat berkampanye beberapa waktu lalu. 

Seperti melaksanakan pelayanan pembuatan KK, KTP, dan pembuatan Akta Kelahiran secara online yang dilaksanakan di kantor desa. Hingga seluruh warga Desa Haurwangi bila memerlukan pelayanan tersebut, tidak usah ke kantor kecamatan atau ke kantor Disdukcapil Cianjur, tapi cukup datang ke kantor desa. 

Pelayanan tersebut, memanfaatkan program aplikasi pelayanan Disdukcapul untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat Desa Haurwangi. Andai ada warga desa lain yang ingin membuatnya, maka pihaknya tidak melarangnya. Pelayanan pembuatan KK, KTP, dan Akta kelahiran, itu semua jenis pisiknya bisa dilakukan di Kantor Desa Haurwangi, pada hari Senin dan Kamis. 

Kades Haurwangi mengatakan, pelayanan tersebut, baru berjalan selama 2 pekan. Tiap harinya tidak kurang dari 10 sampai 15 orang yang membuat KK dan KTP. “ Kedepannya, kami akan terus membuka peluang kemudahan untuk melayani masyarakat dan semoga seluruh warga Desa Haurwangi dapat memanfaatkannya dengan baik,” ucap Dede Supyanudin. 

Sementara itu, salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Haurwangi, kang Mahram mengatakan, dengan dilaksanakannya pelayanan pembuatan KTP, KK, dan Akta kelahiran secara online di Kantor Desa Haurwangi,  pihaknya memberikan apresiasi. Karena memudahkan masyarakat sekaligus dekat juga tidak banyak mengeluarkan biaya.

“ Kami berharap, desa lainnya yang ada di Kecamatan Haurwangi, mampu mengikuti pelayanan seperti di Desa Haurwangi,” ucap Mahram. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here