Masyarakat Kampung Sipon RT 04/01, Desa/Kecamatan Haurwangi, Cianjur membongkar rumah dan kios yang berdiri diatas tanah desa

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Bangunan  rumah dan kios yang berdiri di lahan milik Desa Haurwangi tepatnya yang berada di pinggir jalan raya lama Haurwanagi-Rajamandala, Kampung Sipon RT 04/01, Desa/Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Rabu (28/11), dibongkar Pemerintahan Desa Haurwangi dibantu masyarakat setempat. Pasalnya lahan  tersebut akan dibangunkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Nantinya di lahan tersebut akan dibangun 4 kios.

Pembongkaran rumah dan kios liar itu berjalan dengan lancar dan tertib. Karena pembongakrannya dilakukan atas dasar kesepakatan masyarakat dengan Pemerintahan Desa Haurwangi. Selaitu, pembongkarannya juga dilakukan  masyarakat, para tokoh dan pemerintahan desa setempat.

Tokoh masyarakat Desa Haurwangi, Ustadz Dadan Sungkawa menjelaskan, bangunan kios dan rumah liar yang berdiri di lahan milik Desa Haurwangi, itu sudah cukup lama. Yaitu sekitar 30 tahun lebih.

Sekarang lahan milik desa tersebut akan dibangunkan kios sebanyak 4 unit yang nantinya akan dikelola pihak Bumdes Haurwangi. Sebelumnya penghui bangunan rumah dan kios liar tak mau dibongkar karena sudah merasa betah.

Tapi setelah musyawarah dan kepiawaian para tokoh, akhirnya bangunan liar tersebut bisa dibongkar dengan tertib, aman dan lancar.

“ Kami berharap, pembangunan 4 kios milik desa itu akan terlaksana dengan lancar,” ucap Ustadz Dadan Sungkawa kemarin.

Sementara itu, Kepala Desa Haurwangi, Iwan Sulaeman menambahkan, pembangunan 4 unit kios di lahan milik desa itu, akan dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap tiga  anggaran 2018. Selanjutnyanya, 4 unit kios tersebut akan dikelola Bumdes Haurwangi.

Iwan juga mengatakan, penerapan DD tersebut, tidak hanya diterapkan pada pembangunan kios saja, tapi diterapkan pula pada pembangunan cor beton jalan desa yang berlokasi di Kampung Curwangi.

Selanjutnya Iwan mengucapkan terima kasih atas kesadaran masyarakat untuk membongkar kios dan rumahnya tersebut. “ Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih pada Ustadz Dadan Sungkawa dan seluruh masyarakat yang telah peduli ikut  andil membongkar runah dan kios liar di tanah milik desa,” ucap Iwan Sulaeman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here