Poto bersama Tim Penilai dari Polda Jabar dengan anggota Polsek Warungkondang serta masyarakat Desa Ciwalen

Laporan : Cece

Cianjur, metropincaknews.com – Polsek Warungkondang yang diwakili oleh Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, mendapatkan penilaian Dewan Juri dari Polda Jabar. Yaitu dalam Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Karena itu, Desa Ciwalen berhak mengikuti Lomba Siskamling tingkat Polda Jabar yang diselenggarakan pada Selasa (18/6).

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan semangat Siskamling guna menjaga keamanan di wilayahnya sendiri. Karena Kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama. Maka dengan ditingkatkanya Siskamling, diyakini akan dapat mendeteksi kejadian yang merugikan masyarakat sejak dini. Sekaligus menangkal serta mencegah timbulnya berbagai tindak kejahatan.

Kepala Desa Ciwalen Asep Y.H saat menerima tim penilai mengatakan, keberhasilan Siskamling di Desa Ciwalen ini merupakan perjuangan segenap warga. Maka dengan ikutnya Desa Ciwalen dalam Lomba Siskamling Tingkat Polda Jabar, diharapkan Desa Ciwalen mampu meraih predikat terbaik.

Kapolsek Warungkondang AKP Gito, SH dalam sambutannya mengatakan, perlombaan ini juga bertujuan untuk mendongkrak kegiatan Siskamling di tengah masyarakat. Sebab dibeberapa daerah kegiatan Siskamling ada kecenderungan menurun. Sehingga perlu upaya penggalakan kembali, mengingat Kamtibmas adalah tanggung jawab  semua pihak.

“ Keamanan di Kecamatan Warungkondang merupakan keinginan kita semua, besar harapan yang sudah dilaksanakan agar bukan hanya pada saat penilaian saja namun berkelanjutan agar aman dan nyaman,” kata Gito.

Ketua tim penilai dari Polda Jabar yang diwakili Wadir Binmas AKBP Erwin Rahmat, SH mengatakan, Lomba Siskamling ini merupakan program Polri. Khususnya Polda Jabar dalam rangka meningkatkan kesadaran bermasyarakat dengan meningkatkan Siskamling. Mengingat betapa besarnya manfaat Siskamling yang merupakan warisan budaya yang kita miliki sejak lama dan wajib kita pelihahara.
“ Maka dengan digelarnya lomba ini, selain untuk meningkatkan Siskamling juga untuk mengingat betapa besar manfaat Siskamling dan lebih berpartisipasi dalam menjaga keamanan yang lebih baik. Selain itu masyarakat dapat menjadi polisi di wilayahnya sendiri dan menurunkan angka angka kejahatan,” ungkap Erwin.

Ia menambahkan, beberapa komponen penilaian adalah sarana dan prasarana Poskamling, kesadaran masyarakat untuk ikut ronda, administrasi seperti daftar hadir ronda serta tingkat keamanan di desa tersebut.
Diadakannya Lomba Siskamling ini mendapat sambutan positif dan sambutan antusias dari warga. Hal itu ditandai dengan hadirnya ratusan warga yang menyaksikan penilaian lomba yang dilakukan oleh Tim Penilai dari Polda Jabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here