Musrembangdes Cisandi

Laporan : Cece/Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Tidak  terasa kita telah    memasuki    tahun    2019.  Bagi aparatur pemerintah  dari level desa  sampai pemerintah pusat,   awal   tahun  berarti   siap mengevaluasi kegiatan   tahun   kemarin  dan     harus       memulai membuat   perencanaan   kegiatan  mendatang. Untuk itu, Pemerintah Desa Cisarandi menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan  Desa   (Musrenbangdes) 2020. Kegiatan tersebut, digelar  di aula    Desa Cisarandi.

Hadir dalam acara tersebut, Sekmat yang mewakili Camat Warungkondang Didin Lukmanul Hakim, Babinsa Serka Istiarto Babinkamtibmas Bripka Adi, Ketua BPD berserta jajarannya, Bidan Desa, Karang Taruna beserta tokoh masyarakat, Kamis (30/1).

Pada awal tahun 2019 ini pemerintah desa harus melakukan dua hal. Pertama mengerjakan perencanaan yang dibuat pada tahun sebelumnya. Dan sisi kedua yaitu membuat perencanaan untuk tahun yang akan datang. “ Kedua sesi tersebut harus diputuskan dengan jalan musyawarah atau yang disebut Musrenbangdes,” ucap Serka Istiarto dalam sambutannya.

Ia melajutkan, Musrenbangdes merupakan forum rembug warga yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik, Sekaligus untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas. Hal itu dilaksanakan dalam mengatasi masalah ataupun memaksimalkan potensi yang di miliki sebagai dasar program kerja Pemerintah Desa.

Sementara Itu, Didin Lukmanulhakim menambahkan, untuk penganggaran dan kegiatan tahunan desa, Musrenbangdes dilaksanakan dengan model perencanaan partisipatif di tingkat desa. Kegiatannya harus melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa tersebut.

Didin menegaskan, Musrenbangdes bertujuan untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan yang akan datang.

” Selain itu juga menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum Musrenbang Kecamatan,” ujar Didin.

Diharapkan pelaksanaan Musrenbangdes berjalan sebagai mana mestinya. Bukan hanya sebagai acara seremonial atau parade pidato saja. Tetapi harus benar=benar memberi ruang dan waktu bagi musyawarah warga yang partisipatip dan berkualitas.

” Musrenbangdes haruslah bermanfaat bagi kepentingan dan kemajuan dsa dan bukan hanya untuk kepentingan kelompok/golongan saja,” pungkasnya.

Mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat, Babinkamtibmas Desa Ciasarandi, Bripka Adi menambahkan mengatakan, Kamtibmas di Desa Cisandi aman dengan kondusif.

” Allhamdulillah situasi dan kondisi aman terkendali  dan acara Musrembangdes ini,  masyrakatpun sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan ini, semoga saja masyarakat lebih paham mengenai rencana pembangunan yang akan datang,” tambah Adi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here