Gua Rangga Gading di Kampung Rawabelut, Desa Cireunghas Kec. Cireunghas Kab. Sukabumi

Laporan : Dadan Nahili

Sukabumi, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi bersama warga dan tokoh pemuda setempat, terus menata situs Gua Rangga Gading. Hal itu dilakukan, agar situs Rangga Gading mampu dijadikan destinasi wisata andalan di Desa Cireunghas.

Kepala Desa Cireunhas, Deny Nurmawan mengatakan, situs gua ini adalah salah satu situs peninggalan Belanda. Pada waktu itu, gua ini digunakan untuk tempat persembunyian  tentara Belanda, saat Belanda sedang menjajah Indonesia.

” Gua Rangga Gading ini salah satu peninggalan Belanda yang pada waktu itu digunakan untuk persembunyian tentara Belanda yang saat itu sedang menjajah Indonesia,” ungkap Deny kepada metropuncaknews.com.

Gua yang terletak di bukit Kampung Rawabelut, Desa Cireunghas mempunyai banyak pesona alam yang sangat indah dan sejuk. Hingga saat ini banyak wisatawan lokal yang berdatangan untuk menikmati pemandangan dan kesejukan alamnya.

Situs Gua Rangga Gading

” Dibukanya Gua Rangga Gading ini adalah hasil sinergitas antara pemerintah desa, warga dan tokoh pemuda yang ada di Desa Cireunghas,” jelas Deny.

Bahkan, menurut Deny, Gua Rangga Gading ini bukan hanya untuk tempat berwisata saja. Gua ini juga sering dijadikan tempat ritual khusus oleh beberapa tokoh masyarakat yang mempercayainya.

“ Situs Gua Rangga Gading sudah dibuka sejak satu tahun lalu dan sampai saat ini infrastrukturnya terus ditata dengan rapi supaya wisatawan yang datang merasa lebih nyaman,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here