Pembangunan TPT yang dilakukan Desa Cikancana di jalan pemakaman umum

Liputan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintahan Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong Cianjur Jawa Barat, terapkan bantuan Dana Desa Tahun Anggaran 2018 pada pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Pembangunan TPT tersebut dilakukan untuk jalan pemakaman umum.  yang berlokasi di Kali Cihanja Kampung Babakan Bandung RT 05/02. Pembangunan TPT tersebut, dimaksudkan agar kedepannya jalan pemakaman yang akan dibangun tidak ada longsor atau amblas.

Informasi yang dihimpun, panjang TPT yang dibangun sepanjang 93 meter, tinggi  1 meter, dengan kedalaman TPT di selokan 60 cm. TPT dibangun pada sisi kanan jalan dengan harapan mampu menahan tanah longsor atau amblas yang pada akhirnya TPT itu dapat memperkokoh pondasi jalan.

Menurut Ketua TPK Desa, Asep Heri (37), dana yang digunakan untuk membangun TPT itu bersumber dari bantuan DD Tahun 2018. Sebelum membangun TPT itu, Desa Cikancana melaksanakan Musrenbangdes guna merumuskan rencana pembangunan yang dilaksanakan Tahun 2016. Kegiatan Musrenbang itu antara lain menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan pembangunan TPT di jalan pemakaman tersebut.

Setelah melalui proses penganggaran, akhirnya pada tahun anggaran 2018 pembangunan jalan pemakaman umum dilaksanakan Desa Cikancana. “ Mudah-mudahan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat Kampung Babakan Bandung,” ujarnya, Selasa (7/8).

Untuk melaksanakan pengawasan pekerjaan di lapangan dalam membangun TPT di Kali Cihaja dan lokasi lainnya, Kades Cikancana tidak memberikan komentar, karena pembangunannya belum beres, Untuk itu pihaknya mempercayakan pada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yaitu pada Asep. “ Untuk tenaga teknis atau tenaga tukang bangunan berasal dari warga setempat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here