Curug Pameungpeuk yang masih asri dan sangat indah, baru dibuka Desa Ciengang

Laporan : Dadan Nahili

Sukabumi, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Barokah,  buka destinasi wisata lokal yang ada di wilayahnya. Desa yang ada di pelosok Kabupaten Sukabumi ini mempunyai banyak pesona alam yang sangat indah. Salah satunya Curug Pameungpeuk Baiturrahman yang ada di Kampung Suradita.

Kepala Desa Ciengang, Yudi mengungkapkan. di bukanya destinasi wisata Curug Pameungpeuk Baitirahman ini, bertujuan agar warga yang hendak berlibur, tidak harus jauh-jauh pergi ke daerah lain. Karena di desanya sendiri ada tempay wisata yang masih aeri dan sangat mempersona.

” Kami membuka tempat wisata ini agar masyarat kami tidak jauh-jauh jika mau melakukab liburan,” ungkap Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, di Curug Pameungpeuk Baiturrahman ada tiga titik kucuran air yang mengalirkan air ke dataran rendah. Tepatnya ke Desa Cijurey Kecamatan Gegerbitung. Selain Curug Pameungpeuk, ada juga Curug Poreang yang masih terletak di  Kampung Suradita. “ Namun saat ini belum mulai ditata karena posisi tanahnya masih rawan untuk para pengunjung,” tambah Yudi.

Jarak untuk menuju Curug Pameungpeuk  sekitar 1,5 kilo meter dari jalan kabupaten yang saat ini masih dalam penataan dan perbaikan. Selain Curug Pameungpeuk, Bumdes Barokah juga membuka wisata alam Puncak Peuyeum Baiturahman yang nantinya untuk wisata camping ground dan sangat cocok untuk selfi ria.

Menurut keterangan, nama Curug Pameungpeuk Baiturahman dan Puncak Peuyeum Baiturahman, mengacu dari nama masjid megah bernuansa bangunan Wali Songo. Konon katanya, masjid megah ini merupakan hibah dari seorang pengusaha Jakarta dan pembangunannya menghabiskan dana sekita Rp 8,5 miliar.

“ Masjidnya berada di Kampung Cibogo Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabulaten Sukabumi,” jelas Yudi seraya menyebutkan, curug-curug ini baru akan launching pada 12 Mei 2018.

Sementara, Sekdes Ciengang, Ajat Sudrajat menambahkan, pembangunan curug ini hasil dari kerja sama serta sinergitas perangkat desa bersama warga.

” Allhamdulillah atas kerja sama staf desa beserta masyarakat dan penataan destinasi wisata curug ini sangat di apresiasi warga, sehingga saat ini banyak sekolah-sekolah yang di wilayah Sukabumi Timur yang melakukan edukasi wisata dan memberikan perhatiannya untuk membersihkan lingkungan curug,” kata Ajat.

Atas itu semua, Ajat mengucapakan terima kasih pada semua pihak yang telah memdukung pembangun tempat wisata di Ciengang.

“ Kami berharap, melalui destinasi wisata ini, Pemerintahan Desa Ciengang dapat lebih memberikan pengabdiannya dan dapat ikut andil dalam membangun Kabupaten Sukabumi khususnya di bidang pariwisata,” ujar Ajat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here