Pembngunan cor beton jalan alternatif di Desa Cibiuk Kec. Ciranjang Cianjur

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jalan anternatif yang membentang di tengah pesawahan dengan panjang 262 dan lebar 2,5 meter. Jalan tersebut menghubungkan antara Kampung Pasir Awitali dengan Kampung Kiaradelek, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Cianjur. Kini jalan alternatif tersebut tengah dibangun dengan kontruksi cor beton. Hal itu dilakukan setelah cairnya Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2019. 

Pembangunan cor beton tersebut, dilaksanakan langsung pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  dibantu organisasi kemasyarakatan desa. Tentu saja pembangunan cor beton jalan anternatif itu disambut antusias warga desa setempat. 

Kepala Desa Cibiuk, Yandi Ruhyandi menjelaskan, pembangunan cor beton jalan anternatif tersebut, merupakan hasil kesepakatan bersama. Yaitu saat melaksanakan musyawarah desa yang dituangkan pada Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RABDea). 

Jalan anternatif tersebut, merupakan sarana sangat penting yang selalu dibutuhkan seluruh warga setempat. Karena diyakini akan mampu mempermudah membawa hasil panen padi, palawija dan hasil panen sayuran yang ditanam di sawah milik para petani setempat. 

“ Maka dengan adanya jalan yang bagus, akan mampu mendongkrak roda perekonomian dan sekaligus meningkatkan kesejahtraan para petani dan masyarakat lainnya,” ucap Yandi Ruhyandi. 

Sementara itu, tokoh masyarakat Kampung Pasir Awitali, Enceng Kurnia (53) menambahkan,  dengan dilaksanakannya pembangunan cor beton jalan anternatif itu, akan banyak manfaatnya. Terutama untuk seluruh warga Kampung Pasir Awitali pada khusnya dan warga Desa Cibiuk pada umumnya, 

Karena dengan adanya jalan yang laik pakai, maka akan mampu memudahkan transportasi pengguna jalan. Seperti mobil, motor mapun para pejalan kaki saat mereka mengangkut hasil panen. Baimk itu panen padi, palawija mau pun sayuran yang ditanam di sawah. Selain itu, juga akan mampu mempercepat sarana komunikasi warga antar kampung. 

Atas dibangunnya jalan tersebut, Enceng mengucapkan terima kasih pada pihak Desa Cibiuk, Pemkab Cianjur, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Karena atas perhatiannya, kini Desa Cibiuk mampu membangun jalan disetiap pelosok kampung yang ada di Desa Cibiuk. 

“ Semoga saja hal itu, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarkat Desa Cibiuk dan warga desa lainnya yang ada di Kecamatan Ciranjang,” ucap  Enceng Kurnia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here