Jalan lingkunagn yang kini tengah dibangun Desa Buniwangi bersama warganya

Laporan : Badri

Sukabumi, metropuncaknews.com – Pemerintahan Desa Buniwangi Kecamatn Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, bersama warganya kini tengah sibuk berbenah diri. Berbagai pembangunan terus dilakukan dan diselesaikan sesuai dengan program yang telah dicanangkan.

Namun, keberhasilan pembangunan di suatu daerah tidak terlepas dari peranserta masyarakat itu sendiri dan keseriusan aparat desa dalam menangani pembangunan tersebut. Demikian dikatakan Kepala Desa Buniwangi Agus Maulana ketika ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Agus mengatakan, saat ini pihaknya sedang membangun jalan lingkungan di Kampung Sumur sampai Kampung Sampay sepanjang 700 meter dengan lebar 1,20 meter. Selain itu, pembangunan drainase di Dusun Lio sepanjang 300 x 0.20 x 0.50 meter. Pembangunan tersebut didanai dari Dana Desa (DD) tahap dua.

Sebelumnya, masih kata Agus, telah diselesaikan pemeliharaan jembatan di Pamipiran, pembangunan TPT di Kampung Buniwangi dan pembangunan irigasi di Kampung Sindangsari. Dananya diambil dari dana Bantuan Provinsi (Banprov) anggaran tahun 2018.

Agus Maulana walau pun belum lama menjabat sebagai Kades Buniwangi, namun sudah terlihat banyak pembangunan yang telah diselesaikan dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Agus menjelaskan, dalam setiap pembangunan yang akan dilaksanakan di wilayah Desa Buniwangi, selalu diadakan musyawarah terlebih dahulu. Baik dengan staf, tokoh masyarakat maupun dengan masyarakat itu sendiri. Ada pun dalam perencanaan pembangunan, pihaknya selalu meminta masukan atau usulan dari masyarakat melalui rukun warga masing masing.

Selanjutnya usulan tersebut dimusyawarahkan di tingkat kedusunan. Kemudian hasil musyawarah di tingkat kedusunan dibawa dan di bahas di tingkat desa yang di sebut Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tingkat Desa.  Dalam Musrembang tingkat desa akan diketahui pembangunan apa saja yang menjadi prioritas untuk di laksanakan berdasarkan hasil kesepakatan seluruh peserta Musrembang tingkat desa. Selanjutnya hasil Musrembang tingkat desa diserahkan ke tingkat kecamatan dan seterusnya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Yakni tingkat kabupatn.

Dalam pelaksanaan pembangunan, pihaknya didampingi Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang dalam hal ini diwakili Cucup dan Dayat Hidayat. Maka dengan adanya peran TPK, pembangunan di desa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan semua pihak.

Agus Maulana menegaskan, dirinya akan senantiasa mengutamakan amanah dari masyarakat desa yang telah memilih dirinya pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Untuk memajukan wilayah Desa Buniwangi agar lebih baik. Agus terpanggil untuk meningkatkan sarana desa dan infrastruktur wilayah Desa Buniwangi lebih maju dari sebelumnya. “ Meski sarana dan prasarana belum memadai, tapi kami bertekad untuk terus bekerja dan berjuang demi kemajuan Desa Buniwangi,” uajr Agus dengan penuh semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here