Desa Bojong Soang buka Dapur Umum untuk korban banjir

Laporan : Yatiman

Kab.Bandung, metropuncaknews.com – Untuk membantu meringankan beban para pengungsi korban banjir di wilayah Kecamatan Bojong Soang dan Kecamatan Dayeuh kolot. Kantor Desa Bojong Soang buka Dapur Umum. Dapur tersebut dibuka sejak terjadinya banjir. Sementara  untuk tanggap darurat sendiri sudah berjalan 2 hari. Semua itu untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir.

Untuk pengungsinya sendiri  berkumpul di RW 9, Bale RW, RW 10 pengungsi berada di gudang Tenggo 154 orang dan sebagian ada juga yang mempertahankan diri untuk tinggal di rumah. Meskipun rumah mereka sudah terkena banjir. Namun rata-rata mereka punya alasan tersendiri yaitu untuk menjaga harta bendanya.

Menurut Bunda dari SIBAT(Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Desa Bojong Soang), setiap harinya Dapur Umum di Kantor Desa Bojong Soang menyiapkan nasi sebanyak 1.550 nasi bungkus. Untuk hari pertama 1000 dan untuk Bojong Sari,  Tegal Luar sama Bojong Soang.

Untuk masak di hari ke 2 atau yang ke dua kali nya, pagi hari 1.550 nasi  bungkus dibagi di 2 kecamatan. Yaitu untuk Dayeuh Kolot 900 dan Kec.  Bojongsoang sendiri ada 650. Sementara  untuk masak kedua kalinya atau di siang harinya juga dengan jumlah yang sama. ” Kemudian untuk warga yang sebagian sudah pulang dari pengungsian pembagian nasinya dilakukan langsung dor to dor pada warga,” tutur Bunda seraya mengajak masyarakat untuk lebih waspada dan siaga bencana.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here