Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Campaka, Ahmad Saepudin secara simbolis memberikan BLT-DD pada warga yang terdampak Covid-19. Selasa (7/7): Foto Zenal Mustari

Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, metropuncaknews.com —Dengan memperhatikan Protokol Kesehatan, Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Campaka Cianjur, Ahmad Saepudin menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Kegiatan tersebut dilaksana di aula Desa Mekarjaya, Selasa (7/7)

Ahmad Saepudin mengatakan, pemberian BLT-DD ini sebagai bentuk upaya pemerintah untuk membantu masyarakat di tingkat desa yang terdampak Covid-19.

Sesuai petunjuk teknis. penerima BLT Dana Desa adalah warga kurang mampu yang merupakan warga bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan warga yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah Covid-19, tidak terkecuali warga jompo.

“ Ini merupakan bukti perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada masyarakat. Melaui BLT-DD ini diharapkan masyarakat Mekarjaya jadi terbantu dari segi ekonomi akibat pandemi Covid-19,” kata Ahmad pada wartawan, Selasa (7/7).

Dikatakan Ahmad, besaran BLT-DD yang diserahkan kepada setiap (KPM) sebesar Rp.600.000 per bulan. Sementara, jumlah penerima BLT-DD di Desa Mekarjaya ada sebanyak 181 KPM.

” Yang jelas, dengan adanya BLT-DD ini mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat. Dan uang itu agar digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli sembako untuk kebutuhan keluarga,” jelasnya

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, BLT-DD tersebut dianggarkan dari Dana Desa sebagai salah satu kebijakan untuk meringankan beban warga kurang mampu saat menghadapi situasi wabah Virus Corona atau Covid-19.

“ Dan alhamdulilah, berkat adanya dukungan dan bantuan dari semua pihak. Pada hari ini (Selasa-red ), Pemerintahan Desa Mekarjaya bisa merealisasikan BLT-DD ini dengan aman dan lancar,” katanya.

Terpisah, hal sama atau Penyaluran Batuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Cidadap, dan dengan mematuhi setandar kesehatan Covid-19. Di Desa Cidadap, sebanyak 165 KPM rela antri nunggu pencairan.

” Ya, pada hari (Selasa-red) glombang pertama Batuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kita mulai salurkan, dan dengan dibantu tiga orang petugas dari Bank Jabar Banten (BJB) penyaluran saya harapkan bisa tuntas dalam waktu satu hari,” ujar Kepala Desa Cidadap Budiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here