Laporan : Nana Cakrana

Purwakarta, metropuncaknews.com – Bagi warga yang tinggal di lingkungan Kelurahan Ciseureuh khususnya dan warga Kecamatan Purwakarta umumnya, siapa yang tidak mengenal sosok Dede Ridwan, SE. Pria yang menjabat sebagai Mantri Polisi (MP) di Kelurahan Ciseureuh ini memang dikenal paling getol menyambangi warga untuk memastikan lingkungan di wilayah kerjanya dalam kondisi aman dan tertib.

Dede memang bukan tipe pejabat yang senang berleha-leha dan hanya menerima laporan dari masyarakat di kantor saja. Sebaliknya, ia kerap terjun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi ketertiban di masyarakat. Sehingga, di mata warga bukan hal yang asing lagi terhadap sosok Dede Ridwan ini. Bisa dipastikan, dimana ada kegiatan warga, di situ lah Dede Ridwan berada.

Seperti tak mengenal lelah, pria kelahiran Tasikmalaya ini terus menjalin komunikasi dan bersilaturahmi dengan warga baik di waktu pagi hari, siang, maupun malam hari demi terciptanya ketentraman dan ketertiban di wilayah kerjanya.

Mewakili Lurah Ciseureuh Yai Uun Khaerun, SE, Dede kerap melakukan patroli guna memantau situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat melalui upaya silaturahmi dengan warga. Selain itu, Dede juga kerap terlihat menghadiri undangan dan kegiatan warga. Seperti menghadiri kegiatan kerja bakti, pengajian, Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa, acara pernikahan dan sunatan warga, kegiatan rapat yang dilaksanakan pengurus RW, dan lain sebagainya.

“ Bila kita selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan selalu menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dengan tutur kata yang lembut, Insya Allah tindak kriminal bisa diantisipasi,” ungkap pria berusia 47 tahun ini, ketika ditemui reporter metropuncaknews.com, di Kantor Kelurahan Ciseureuh, Rabu (23/9).

Pada kesempatan tersebut, Dede mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kelurahan Ciseureuh agar selalu meningkatkan ketertiban umum, keamanan, dan kebersihan lingkungan. Khusus kepada para orang tua, Dede juga mengimbau agar ekstra membimbing dan mengawasi putra-putrinya agar tidak terjerumus kepada kenakalan remaja. Seperti tawuran, balapan liar, curanmor, narkoba, dan lain sebagainya.

“ Kenapa saya imbau kepada para orang tua seperti itu. Karena setiap kami melakukan patroli gabungan bersama MP Kelurahan lainnya yang dikomandoi MP Kecamatan, sering kami temui remaja baik putra maupun putri, yang kedapatan sedang mengkonsumsi minuman keras (miras) atau pil koplo, tawuran, dan balapan liar,” terangnya.

Menurut Dede, alangkah baiknya para remaja tersebut dibimbing oleh para orang tuanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan cara mengikutsertakan putra-putrinya pada kegiatan-kegiatan remaja yang positif. “Seperti mengikuti acara-acara pengajian di Pondok Pesantren atau Majelis Taklim,” ujarnya.

Terakhir, Dede Ridwan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kelurahan Ciseureuh agar selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal di masa pandemi Covid-19 ini.

“ Tetap patuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, tidak berkerumun, tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan dan tetap jaga kesehatan,” tukasnya mengakhiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here