Kades Kamurang Kec. Cikalongkulon, Andi Muhammad. S

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak dua ratus empat puluh tujuh kepala desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020 di Kabupaten Cianjur telah dilantik Plt Bupati Cianjur, beberapa waktu yang lalu. Acara pelantikan kades tersebut dilakukan secara bertahap dengan menerapkan system physical distancing sebagai cara pencegahan penyebaran virus corona. Kegiatan pelantikan Kades Terpilih tersebut dimulai dari Rabu 8 April 2020 di Pendopo Kabupaten Cianjur.

Dari sekian banyak kades terpilih di Kabupaten Cianjur, ada seorang kades yang menarik perhatian banyak pihak, termasuk insan pemburu berita. Perhatian tersebut ditujukan pada  Andi Muhammad S, Kades Kamurang Kecamatan Cikalongkulan.

Pasalnya, Andi tampak masih muda belia dibanding para kades lainnya. Usut punya usut, ternyata Andi baru berusia 26 Tahun 8 Bulan. Andi dilahirkan pada 22 Juli  1993.  hingga kini baru berusia 26 tahun 8 bulan. Maka boleh dibilang, pada Pilkades Serentak 2020 di Kabupaten Cianjur, Kades Kamurang Andi Muhammad S adalah merupakan Kepa Desa termuda di Kabupaten Cianjur.

Namun, nampaknya seperti kata orang bijak, usia boleh muda. Tapi jiwa kepemimpinan, loyalitas dan dedikasinya cukup tinggi. Hingga warga Kamurang yakin dan percaya, Andi Muhammad S akan mampu memajukan dan mengubah Desa Kamurang kearah yang lebih baik.

Andi saat dihubungi mengatakan, hingga saat pelantikan, ia baru berusia 26 tahun 8 bulan. Karena lahir pada 22 Juli 1993. Hal itu tercatat di KTP dan diidentis lainnya. Pada pelaksanaan Pilkades di Desa Kamurang dari 4 orang kandidat calon Kades lainnya, Andi Muhammad S adalah Calon Kades termuda.  

Andi juga mengatakan, usia muda atau tua itu bukan ukuran untuk melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat dan memajukan desanya. Tapi kemampuan melayani masyarakat dan memajukan desa harus dimiliki kades. Semua itu didasari dengan niat ibadah, adanya kejujuran, mau bekerja keras dan penuh rasa tanggung jawab. Juga harus mampu menjalin komunikasi yang komunikatif dengan semua pihak. Terutama dengan pihak BPD dan lembaga desa lainnya. Termasuk dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang ada di desa setempat.

“ Dengan motto juang, “Kamurang Nyongcolang,” kami siap melaksanakan tugas sebagai pelayan  masyarakat dan siap untuk membantu meningkat sosial ekonomi dan derajat kesehatan masyarakat, semoga semua impian ini terkabulkan,” ucap Andi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Kamurang, Suherman menambahkan, banyak pihak yang menyebutkan Andi Muhammad S warga Kampung Cibodas RT 01/01, terpilih menjadi Kades Kamurang periode 2020 – 2016, karena dinilai akan mampu menjadikan Desa Kamurang sebagai desa yang maju dan unggul, seperti desa=desa lainnya yang telah memiliki nama besar dan dikenal masyarakat luas.  

“ Kami yakin dan percaya, dengan jiwa muda, semangatnya juga masih muda, wawasan dan pengalaman yang cukup mendukung, maka kedepannya Desa Kamurang akan lebih maju dan sejahtera, karena itu banyak pihak yang mendukungnya,” ucap Suherman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here