Bengkel, tempat Andi menyalurkan bakat dan hobbynya

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Percayalah, jika hobby ditekuni dengan serius, suatu saat bisa mendatangkan hokki. Buktinya, lihat saja  Andi Kusnadi (38). Seorang anak muda asal Kampung Cikaret Hilir RT. 04/11 Desa Sukamaju, Cianjur. Dia berhasil membuka lapangan kerja meski awalnya hanya untuk kalangan tertentu, terutama bagi kerabat dan sahabatnya.

Jika dilihat dari jenjang pendidikannya, usaha yang digeluti Andi saat ini memang tidak sesuai. Semasa sekolah Andi menimba ilmunya di salah satu Madrasah Aliyah Negeri Tanggeung Cianjur Selatan.

Berbicara soal pengalamannya, Andi mengatakan, setelah lulus sekolah mencari pekerjaan sangat susah. Namun ia tidak menyerah begitu saja. Awalnya bermain di bengkel milik pamannya, lama-lama menjadi hobbi dan kini bisa membuka bengkel sendiri.

Di bengkel yang berdiri sejak tahun 2016 ini, Andi dan kawan-kawannya melayani tune up, spooring, ganti oli, kaki-kaki, kelistrikan dan pekerjaan mortir lainnya.

” Ttahun 2000 silam, saya baru lulus sekolah, melamar pekerjaan kesana kemari hanya menghabiskan uang saja. Daripada bengong di rumah, saya pikir mending bantu-bantu di bengkel milik paman saya,” kata Andi saat ditemui di bengkel B 62 Garage miliknya di Jalan Perintis Kemerdekaan dekat pasar Induk Cianjur.

Masih dikatakan Andi, pasang surut di dunia bengkel sudah ia  alami. Tapi Andi yakin, jika terus bertahan dan menekuninya, akan maju dengan membuka usaha yang sedang digelutinya itu..

Ternyata benar dengan satu keyakinan yang sangat kuat dan serius menggelutinya. Meski tidak sebesar apa yang diharapkan, Andi bisa mempekerjakan kerabat dekatnya. Bahkan tidak hanya itu, dalam tiga tahun terakhir ini, Andi bisa meluluskan siswa yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di bengkel miliknya.

Adapun keluh kesah yang Andi sampaikan kepada awak media, kalau lagi rame omzet bisa mencapai Rp. 10.000.000,- (kotor). “ Tapi kalau lagi sepi, paling cukup buat makan sama rokok saja,” kilahnya.

Selanjutnya Andi mengatakan, untuk sekedar memberi motivasi kepada anak muda, usaha atau hobbi apa pun itu selama itu hal positif, maka tekunilah. “ Karena jika digeluti dengan serius pasti akan membuahkan hasil yang bagus,” pesannya.

Menurut pengalaman, membuka usaha bengkel, jika memang digeluti dengan serius bisa memiliki langganan tetap. Sehingga bengkel tempat Andi mengais rejeki, bisa bertahan hingga sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here