Dansektor Pembibitan Citarum Harum Peringati HUT TNI ke 73 dan menggelar acara hiburan bagi masyarakat

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Dansektor Pembibitan Letnan Kolonel Infantri  Chairul Anam menggelar kegiatan peringatan HUT TNI Ke 73. Kegiatan tersebut di gelar di kawasan Persemaian Bongkor Kampung Pajaten Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Jawa Barat. Rabu (10/10).

HUT TNI Ke – 73 diperingati pada tanggal 05 Oktober 2018 lalu dengan mengusung tema “Membangun Kesadaran dan Kemandirian Kolektif Multi Pihak Dalam Merehabilitasi Sumber Daya Alam Secara Adil dan Lestari”. Hal ini dimaksudkan agar semua pihak kedepannya diharapkan mampu memiliki kesadaran dan kemandirian untuk turun tangan, bahu membahu, bekerja sama, sukarela dan ikhlas merehabilitasi sumber daya alam yang sudah rusak, menjaga dan meningkatkan yang sudah bagus.

Dansektor memaparkan, kegiatan saat ini itu untuk masa depan anak cucu kita nantinya. Agar dikemudian hari bukan hanya kita yang menikmati  namun keberlangsungan anak cucu kita adalah tangggungjawab kita semua. “ Terutama kami TNI yang dengan segenap kemampuan sudah memulai dan akan terus bekerja untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, arena titik berat jalannya program Citarum Harum ini  masyarakatlah yang harus diuntungkan,” jelas Dansektor.

Dalam kesempatan ini, lanjut dia, kami segenap jajaran Sektor Pembibitan Citarum Harum mengadakan syukuran atau sebagai perwujudan suka cita kami memeriahkan HUT TNI ke 73 dengan menggelar pentas hiburan.

Masyarakat sangat mengapresiasi  inovasi para penggiat di komunitas masyarakat. Atas sumbangsih dan keteladanannya memulai perubahan untuk sebuah kemajuan bersama dan turut mengembangkan konsep-konsep ramah lingkungan, Meski bukan sesuatu yang berharga  namun  apresiasi dan penghargaan dari kami ini sebagai bentuk panggilan jiwa  untuk kembali bekerjasama membangun kesadaran dan kemadirian kolektif agar kita semua tetap semangat, diberkahi dan manfaat.

Masyarakat yang menerima piagam penghargaan yaitu : 1. Artha Graha Peduli. Atas dedikasinya dalam Program Reboisasi Hulu Das Citarum Harum. 2. Yayasan Budiasih. Atas dedikasinya dalam Program Pembibitan Hulu DAS Citarum Harum. 3. Uus Kusamana, Direktur Eksekutif Institut Gunung Wayang. Sebagai Pegiat Pupuk Cair Organik Dari Limbah Ternak Dan Pelopor Bank Sampah. 4. Ibu Aisyah, Desa Tarumajaya. Atas dedikasinya sebagai Manager Bank Sampah IGW Desa Tarumajaya. 5. Asep Maulana Sopa, Desa Cihawuk. Atas pemberdayaan pemilahan Sampah Organik Dan Non-Organik Diperuntukan Rehabilitasi Hutan serta pemberdayaan Karang Taruna Desa Cihawuk (Eco Village). 6. Ujang Genit, Pecinta Alam Wanapasa.Sebagai Pegiat Pengelolaan Sampah Dan Limbah Warga Dan Pasar Desa Cibeureum. 7. Apuy Fuad, Pecinta Alam Wanapasa. Sebagai Pegiat Persemaian Tanaman Keras Di Kawasan Hutan Rasamala Desa Cibeureum. 8. Ahmad Sudirman, Desa Cihawuk. Peduli Lingkungan Sejak Tahun 2003 Melalui Kegiatan Organisasi Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM).

Hadirnya Citarum Harum yakni  pasukan  TNI selaku bagian dari Satgas Citarum Harum, selama ini di Sektor Pembibitan terus berupaya melakukan pembenahan dan percepatan program Citarum Harum dengan penyediaan serta pemeliharaan bibit, sosialisasi terhadap warga penggarap .

Masyarakat memberikan respon positif terhadap paparan Dansektor Pembibitan. Tentu hal ini memerlukan juga perhatian dari institusi-institusi pemerintah untuk sama-sama turun tangan menyukseskan program Citarum Harum.

Penataan ulang dan struktur tata ruang kawasan penting dibenahi agar terjadi percepatan pengembalian fungsi-fungsi vital sumber daya alam. Seperti sumberdaya air, kawasan hutan, perkebunan, pertanian, peternakan dan pemukiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here