Laporan : Sam Apip/Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Adanya tumpukan limbah yang diduga mengandung B3 di halaman Masjid Rest Area, tanah kosong pinggir jalan Kp Pongpoklandak Desa Haurwangi dan di lahan kosong milik LMD Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, Dansektor 11 Citarum Harum beserta jajarannya kunjungi lokasi pembuangan limbah, Selasa (29/09).

Ketika Dansektor 11 Citarum Harum berada di Rest Area, tumpukan limbah yang dikemas dalam karung sedang dievakuasi dan diamankan di halaman belakang rumah salah orang warga penerima manfaat limbah.

Dansektor 11 Citarum Harum Kolonel Robby Neilwan Simanjuntak mengatakan, pihaknya mengetahui adanya limbah di Rest Area Citarum dan ditempat lainnya.Hal diketahui dari media online dan laporan dari Koramil setempat.

Maka dengan adanya buangan limbah pabrik ke Haurwangi khususnya di Rest Area Citarum, itu sangat disesalkan pihaknya. Karena sampah apapun yang ada disekitar kawasan DAS Citarum dan di lingkungan lainnya itu samasekali tidak diperkenankan.

Karena itu,  pihaknya mengharapkan baik secara institusi  maupun sektor agar seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Saling menjaga dan mengamankan lingkungan dari sampah dan limbah.

Lebih lanjut Kolonel Robby Neilwan Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan pihak Pemerintahan Kecamatan Haurwangi supaya saling menjaga dan mengawasi mengenai program Citarum Harum. Sekaligus untuk saling menjaga lingkungan. Apalagi adanya pihak luar yang sengaja membuang limbah, hingga Haurwangi dijadikan tempat pembuangan limbah.

Selain itu, pihaknya mengucapkan terima kasih pada metropuncaknews.com yang telah peduli  memberitakan  keberadaan lingkungan dan peran serta  masyarakat dengan TNI. “ Khususnya Satgas Citarum, semoa peranserta tersebut dapat terus dilakukan secara berkesinambungan,” ujarnya menegaskan.

Hal yang senada dikatakan Camat Haurwangi Iwan Karyadi. Dia menegaskan, adanya warga lain yang membuang limbah dengan dalih pupuk organik yang disimpan di halaman Mesjid Rest Area Haurwangi, itu disesalkan berbagai pihak.

Karena selain masjid adlah rumah ibadah juga lingkungan Rest Area tergolong DAS Citarum yang identik dengan program Citarum Harum.  Maka dengan hadirnya  Dansektor 11 Citarum Harim ke Rest Area, pihaknya mohon maaf tak bisa mendampinginya. Karena ada rapat di Pemkab Cianjur.

Selain itu pihaknya akan melakukan terus koordinasi dengan berbagai pihak, untuk menjaga dan mengamankan lingkungan Haurwangi. “Supaya jangan dijadikan tempat pembuangan limbah dan sampah oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab,” ujar Iwan Karyadi pada awak media, Selasa (29/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here