Laporan : Sam

Cianjur, metropuncaknews.com – Komandan Sektor (Dansektor) 11 Citarum Harum Jawa Barat, gelar Sosialisasi Peduli Lingkungan, penghijauan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum pada masyarakat yang berada di wilayah Sektor 11, Rabu (30 Juni 2021).

Kegiatan tersebut digelar di aula Kantor Desa Mandalasari Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimcam Cipatat, Kepala Desa, BPD Mandalasari dan masyarakt desa setempat.

Dansektor 11 Citarum Harum Kolonel Arh Roby Neilwan Simandjuntak, S.I.P  mengatakan, dilaksankannya sosialisasi tentang peduli lingkungan, penghijauan di DAS Citarum tersebut, tiada lain untuk mengingatkan, menyadarkan dan mengimbau pada seluruh masyarakat supaya  tidak membuang sampah ke saluran irigasi, anak sungai dan pada DAS Citarum. Tapi harus membuat bantaran sungai Citarum menjadi hijau dengan tanaman pohon keras.

Untuk itu, seluruh bantaran irigasi, anak sungai dan Sungai Citarum harus dipelihara dan diurus. Seperi ditanami berbagai macam pohon keras yang sifatnya mampu menahan terjadinya erosi dan mampu menahan resapan air hujan.

Hingga nantinya air yang mengalir dari ulu ke ilir di sungai Citarum terlihat bersih dan jernih. Hingga selain indah dipandang juga bisa digunakan untuk kelangsungan hidup manusia. Karena jauh dari adanya limbah kotor yang berasal dari buangan sampah.

” DAS, irigasi, anak sungai dan Sungai Citarum kita jaga bersama, bantarannya ditanami berbagi macam tanaman pohon keras dan jangan buang sampah sembarangan,” kata Dansektor 11 Citarum Harum Kolonel Arh Roby Neilwan Simandjuntak.

Ia meneruskan, sosialisasi penghijauan di DAS Citarum akan terus dilakukan. Bekerja sama dengan Forkompincam setempat, para OPD kecamatan, para kepala desa dan masyarakat.

Supaya program Citarum Harum terlaksana dengan cepat, hingga aliran air Sungai Citarum mengalir dengan jernih. ” Program Citarum Harum tidak akan sukses kalau tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakatnya itu sendiri,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here