Laporan : Cece

Surakarta, metropuncaknews.com – Danramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Kapten Inf Tri Sakti K, ikuti Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kecamatan Serangan Kota Surakarta.
Dalam acara tersebut, nampak hadir Kompol Giyono (Kapolsek Serengan), Sugeng Prasetyo S.Sos (Sekcam Serengan), Iptu Sutarmin.SH (Kanit Intel Sek Serengan) dan Pengurus Gereja se-Kecematan Serengan, Kamis (5/12) kemarin.

Dalam pembukaan acara, Sekcam Serengan menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi ini dilakukan untuk perayaan Natal 2019. Karena itu pihaknya mengimbau pada bapak ibu dan pengurus gereja, agar  setiap kegiatan perayaan Natal melaporkan pada pihak kecamatan dan kepolisian setempat. Hal itu dipandang perlu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

” Untuk itu kami mengimbau pada bapak ibu sekalian agar berkoordinasi dengan pihak TNI-POLRI dan kami pemerintah Kecamatan Serengan terkait dengan kegiatan perayaan Natal 2019 untuk melaksanakan pengamanan dan pembinaan di lingkungan sekitar, ” imbuhnya.

Danramil 03, Kapten Inf Tri Sakti K. Dalam sambutannya juga mengatakan, pihaknya berkumpul disini untuk berkoordinasi tentang perayaan Natal 2019 dan untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif. Khususnya di wilayah Kecamatan Serengan. Pihaknya selaku aparat TNI akan siap membantu mengamankan kegiatan perayaan Natal.

” Untuk itu kami mengimbau kepada bapak ibu sekalian untuk memberikan tembusan dalam kegiatan gereja yang akan dilaksanakan nanti, sehingga kami TNI-Polri siap mengamankan kegiatan perayaan natal 2019 dan Tahun Baru 2020, ” jelasnya.

Lanjutnya, selain TNI-POLRI, di Gereja juga terdapat Satpam dan Linmas. Mereka itu dapat dimanfaatkan dan membantu mengamankan kegiatan perayaan natal dan Tahun Baru 2020.

“ Koramil dan Polsek akan memantau secara umum pelaksanaan kegiatan Natal untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif,” ujarnya menegaskan.

Pimpinan dan pengurus Gereja diharapkan dapat memberikan imbauan kepada Jemaat Gereja untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi. Melaporkan hal yang mencurigakan kepada aparat dan jangan mengambil tindakan sendiri.

Sementara itu, Kapolsek Seregan Kompol Giyono menambahkan, pihak Kepolisian pada 23 s/d tahun baru 2020 akan mengadakan oprasi lilin Candi. Kegiatan itu digelar untuk mengantisipasi keamanan natal dan tahun baru bagi yang merayakan kegiatan diseluruh Gereja di Jawa tagah, khususnya Kecamatan Serengan.
” Untuk pengamanan dalam kegiatan natal dan tahun baru diwilayah Solo nanti, kami akan mendirikan 4 (empat) Pos di tiap gereja yang akan dijaga oleh personil kepolisi ataupun Babinsa agar dalam pelaksanakan kegiatan bisa tenang dan aman,” tandasnya.

Untuk mengetahui gerak gerik orang yang mencurigakan, teruatama di tempat yang jauh dari jangkauan pengamanan, akan dipasang CCTV disetiap sudut Gereja.

” Saya berharap nanti kejadian sekecil apapun para jemaat dapat melaporkannya pada pihak kepolisian atau Babinsa guna keamanan natal dan tahun baru agar aman dan kundusif, ” harap Kompol Giyono. (sumner : Pendim /0735)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here