Komandan Komando Pemeliharaan Material TNI Angkatan Udara (Dankoharmatau) Marsekal Muda TNI Dento Priyono saat berkunjung ke Lanud Abd Saleh

Liputan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Depohar 30 Malang, Komandan Komando Pemeliharaan Material TNI Angkatan Udara (Dankoharmatau) Marsekal Muda TNI Dento Priyono meninjau secara langsung kesiapan Pesawat MiG 17 Fresco F1122 di Skatek 022 Lanud Abd Saleh, Selasa 3/7. Pesawat MiG 17 tersebut rencananya akan dimuseumkan di Akmil Magelang yang akan diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S,IP.

Dankoharmatau sebelumnya melakukan kunjungan ke Satuan Pemeliharaan (Sathar) 33, Sathar 32, dan usai kunjungan ke Skatek 022 Lanud Abd Saleh, melanjutkan kunjungan ke Sathar 31 dan Markas Depohar 30.

Kunjungan kerja tersebut merupakan kali pertama sejak dilantik menjadi Dankoharmatau. Selain itu untuk melihat dan mengecek sejauhmana pelaksanakan pemeliharaan tingkat berat pesawat terbang bersayap tetap (Fix Wing), motor turbine, pemeliharaan komponen dan alat uji serta produksi materiil.

Dalam kunjungan ke Skatek 022, diterima langsung oleh Komandan Skatek Letkol Tek Feri Gumayadi, S.T, Dankoharmatau.

” Saya meninjau secara langsung sejauh mana kesiapan Pesawat MiG 17 Fresco F1122, karena dalam waktu dekat akan segera dimuseumkam di Akmil Magelang. Menurut saya, Pesawat MiG 17 masih dalam proses restorasi dalam upaya perbaikan, “ungkapnya pada awak media.

Dankoharmatau berpesan, agar proses restorasi ini berjalan dengan baik, lancar dan maksimal. Tampilkan yang sebaik-baiknya karena Panglima TNI yang akan meresmikan dan akan disaksikan para pejabat TNI dan masyarakat luas.

” Selain itu, Pesawat MiG 17 mempunyai nilai historis, dimana sebelumnya pesawat tersebut dimuseumkan di Sengkaling, Dinoyo Malang, karena tidak terawat maka  kemudian digeser ke Lanud Abd Saleh sekitar dua tahun yang lalu. Dan selanjutnya sesuai perintah Panglima TNI dimuseumkan di Akademi Militer Magelang, ” jelas Marsma TNI Dento Priyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here