Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Dandim 0608/CJR robohkan Rumah Tak Layak Huni (Rutilahu) di Kampung Empang, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Selanjutnya dibangun kembali dengan batako dari limbah plastik, Kamis (18/08).

Pada kegiatan tersebut Dandim 0608/CJR bersama dengan dr Yusuf dari klinik Harapan Sehat, bekerja sama untuk membangun rutilahu milik keluarga Isoh (58) dan Abo (48).

Menurut informasi yang dihimpun, pembangunan rumah tersebut akan dibangun dengan batako dari limbah plastik. Produksi batako tersebut saat ini tengah dikembangkan klinik Harapan Sehat bekerjasama dengan Kodim 0608 Cianjur.

Ketua RT Lili Sobari (60) mengatakan, adanya pembangunan rumah tak layak huni merupakan angin segar untuk warganya.

” Kami sebetulnya secara pribadi untuk sementara belum mampu membangun rumah keluarga Isoh dan Abo, karena terkendala biaya, namun kami bersyukur dengan adanya program tersebut, rumah tak layak huni itu bisa dibangun, dan semoga bisa berkesinambungan,” kata Lili.

Kepala Desa Sukasari Deden mengatakan, secara anggaran memang di Desa Sukasari banyak permohonan untuk pembangunan rumah tak layak huni.

” Warga di desanya merasa terbantu dengan adanya program dari Kodim 0608 Cianjur dan Klinik Harapan Sehat,” kata Deden.
Sementara dr Yusuf Nugraha dari Klinik Harapan Sehat, mengatakan, sebelumnya rencana pembangunan rumah tersebut akan dilakukan secara sederhana. Namun karena antusias warga maka dibuat tenda dan dibikin acara.

” Kami tetap mengimbau kepada warga untuk menjaga jarak, dan mengikuti protokol kesehatan,” kata Yusuf.

Masih di lokasi yang sama Dandim 0608/CJR Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, pihaknya langsung menyambut baik ajakan klinik Harapan Sehat untuk membangun rumah tak layak huni tersebut.
” Kami melaksanakan bakti sosial di Kampung Empang, semoga di tengah pandemi Corona ini bisa meringankan beban masyarakat. Perlu diketahui pembangunan rumah ini menggunakan batu bata dari sampah plastik dan sudah dilakukan di beberapa rumah lainnya yang telah dibantu,” kata Dandim.

Selanjutnya Dandim juga menyosialisasikan pada warga untuk tetap menjaga jarak. ” Karena hingga saat ini pemerintah terus berupaya untuk menjaga wilayah Cianjur agar terbebas dari covid-19,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here