Plt Bupati Cianjur bersama Dandim 0608 Cianjur, ikuti kegiatan Hari TBC Internasional

Laporan: Shandi

Cianjur,  metropuncaknews.com – Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, S.E mengikuti kegiatan Hari TBC Internasional. Kegiatan tersebut digelar di Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Cianjur, Minggu (24/03). 

Tuberkulosis (TBC) saat ini masih menjadi momok bagi Indonesia. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan negara ketiga dengan kasus TBC tertinggi di dunia. Yaitu dengan jumlah kasus sebesar 842 ribu, berada di bawah India dengan jumlah 2,74 juta kasus. Sementara China berada di posisi kedua dengan jumlah 889 ribu.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, menargetkan pada 2030 mendatang insiden TBC dapat menurun 80 persen dan 2050 tidak ada lagi kasus baru TBC.

Dandim bersama Plt. Bupati Kab. Cianjur H. Herman Suherman beserta jajarannya di lingkungan Dinas Kesehatan, turut memberikan perhatian lebih terhadap bahaya TBC di wilayah Kabupaten Cianjur. Yaitu dengan tema “Ketahui kasus TBCmu sekarang”.

Peringatan tersebut merupakan bentuk kewaspadaan para pimpinan daerah, serta merencanakan pencegahan meluasnya wabah TBC, khususnya di wilayah Kabupaten Cianjur.

Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani menegaskan, Indonesia harus terbebas dari TBC.

” Di pusat sendiri, saat ini tengah ramai menggalakan program, karena sudah saatnya lndonesia terbebas dari Tuberkulosis yang di mulai dari saya,” ucapnya.

Lanjutnya, TBC bukan hanya tentang kesehatan saja, akan tetapi perlu ada sinergi semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang sehat. “Sehingga penyebaran penyakit ini dapat dicegah,” ujarnya seraya mengharapkan Kabupaten Cianjur dapat terbebas dari TBC. (Sumber : Pengdim 0608/Cianjur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here