Laporan: Sam/ Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com –  Komandan Kodim (Dandim) 0608 Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi SH bersama Ketua Klinik Harapan Sehat Cianjur, dr Yusup beserta jajarannya, kunjungi Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) di Kampung Pasir Gudang RT 01 /07 Desa Cibiuk Kec. Ciranjang Kab. Cianjur, Selasa (11/5/2021).

Kunjungan Dandim beserta rombongan tersebut, disambut antusias pengurus YRPJ beserta jajarannya. Nampak hadir pula para Babinsa yang bertugas di setiap desa yang ada di kecamatan Ciranjang.

Pada kesempatan itu, Dandim 0608 Cianjur, langsung tatap muka dan berdialog dengan beberapa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dianggap sudah pulih.

Letkol Kav Ricky Arinuryadi menjelaskan, kunjungan  ke YRPJ Ciranjang yang dibarengi relawan gerakan ibu – ibu pertiwi Cianjur, tiada lain hanya melakukan silaturahmi. Selain itu, juga berbagi rizki berupa sembako, minuman dan nasi kotak siap saji untuk makan para ODGJ yang sedang mendapat pemulihan.

Dandim melihat secara langsung para ODGJ yang sedang mendapat perawatan pemulihan. Dandim nampak terharu menyaksikannya. Karena yang tadinya dipasung sekarang nyatanya sudah mulai berangsur pulih layaknya orang nornal. Apalagi kalau dilihat cara berpaian tidak terlihat sperti ODGJ.

Dandim mengharapkan, semua pihak supaya mampu memanjakan para ODGJ. Karena pada dasarnya para ODGJ tersebut, perlu adanya kasih sayang dari sesama manusia. “ Jangan dipasung atau dikucilkan, tapi rawat dengan baik, karena ternyata yang sudah dipasung cukup lama, bisa pulih layaknya manusia normal pada umumnya,” ujar Dandim.  

Melihat kenyataan tersebut, Dandim sangat mengapreasi kinerja pengurus dan anggota  YRPJ Ciranjang yang telah mampu memulihkan para ODGJ. Dandim mengharapkan, YRPJ Ciranjang mampu memiliki gedung sendiri. “ Supaya mampu menampung para ODGJ lebih banyak lagi,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, Ketua YRPJ Ciranjang, Rukman Symsudin menambahkan, dengan adanya kunjungan Dandim 0608 Cianjur beserta jajarannya, pihaknya  mengapresiasi dan mesra bangga. Karena telah  peduli terhadap YRPJ Ciranjang. Hingga hal tersebut benar benar membuat haru.

Terlebih ditengah-tengah sulitnya ekonomi akibat dampak pandemi Covid 19, ternyata masih ada yang peduli dan mau berkunjung untuk berbagi demi lancarnya pemulihan 29 ODGJ yang terdiri dari 22 ODGJ perempuan dan 7 ODGJ laki-laki.

“ Kami mengucapkan terima kasih pada Dandim 0608 Cianjur dan Klinik Harapan Sehat Cianjur yang telah peduli dan bersilaturahmi ke YRPJ, semoga hal tersebut menjadi  motivasi untuk pelaksanaan pemulihan para ODGJ,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here