Satgas Citarum Harum Sektor 7 saat melakukan Sidak ke PT. Bajatek

Laporan : Yatiman

Kab.Bandung, metropuncaknews.com – Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 7 terus melakukan upaya-upaya dan langkah untuk percepatan tercapainya Aliran Sungai Citarum kembali bersih dan harum .

Untuk itu, Komandan Satgas Citarum.Harum Sektor Sektor 7 Kolonel Inf Purwadi lakukan Insepsi Mendadak (Sidak) Ipal PT Badjatex  yang berada di Jalan Cisirung  No.87 Pesawahan Dayeuh Kolot  Bandung. Sidak ini  sebagai tindak lanjut peraturan Mentri dan Maklumat yang dikeluarkan Gubernur, Kapolda, Kajati dan Pangdam, Sabtu (02/09).

Sidak ke PT Badjatek itu merupakan Sidak ke pabrik yang ke 7 (tujuh) yang di cek proses produksinya. Karena produksinya dari bahan katun sebagian Waifing ,Washing, Daying dan untuk Printing sudah berkurang.

Menurut Kolonel Purwadi, dari pengecekan proses produksi itulah pihaknya bisa mengetahui limbah apa yang nantinya yang dikeluarkan oleh pabrik ini.

“ Dan setelah saya cek Ipalnya ternyata pabrik ini belum punya WWT (Wash,Water,Tritmen)atau pengolahan limbah dan limbah dari pabrik ini langsung dibuang ke MCAB atau langsung ke Ipal Komunal, makanya ketika kita tutup MCAB mengalami kendala karena tidak bisa produksi karena limbahnya” kata Purwadi.

Selanjutnya Purwadi mengatakan, pihak akan terus mendorong dan tuntut PT Badjatek untuk bisa mengolah limbahnya  dan ke depan bisa memperbaikinya. Pihaknya juga akan melihat ke depan sejauh mana niat pihak pabrik dalam memperbaiki proses pengolahan limbah. “ Kkarena limbah yang dihasilkan pabrik ini cukup berbahaya,” jelas Purwadi.

Dalam kegiatan investigasi itu, dilakukan pemeriksaan mulai dari ruangan produksi sampai ke tempat pengolahan limbah dan pembuangannya. Setelah pemeriksaan selesai, pihak pabrik yang di wakili Leo selaku Manager dan perwakilan pabrik menandatangani surat pernyataan  bermaterai.

Pada surat pernyataan itu menyebutkan,  PT Badjatek berjanji tidak akan membuang limbah pabriknya ke DAS Citarum sebelum melalui proses pengolahan. PT. Bajatek akan membuang limbah ke Citarum jika limbahnya sudah bersih dan memenuhi baku mutu. Kemudian mendukung Program Citarum Harum dan mematuhi peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia serta peraturan lainnya dan maklumat bersama 。

Sementara pihak Manager GA Pabrik Badjatek Leo mengatakan, PT Badjatek mempekerjakan 1300 karyawan. Adanya Sidak yang dilakukan Dan Satgas Citarum Harum Sektor 7, Leo atas nama perusahaan dan mewakili pihak pabrik, mengucapkan terima kasih atas saran dan masukannya.

“ Pihak pabrik berkomitmen untuk mendukung percepatan Citarum kembali bersih dan harum. Untuk itu kami akan segera membuat pengolahan limbah, resaikel dan akan membuat Ipal sendiri,” kata Leo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here