Laporan: Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemkab Cianjur terus melakukan upaya mempercepat cakupan vaksinasi. Upaya itu digelar dalam upaya mengejar target 70 persen warga yang sudah divaksin pada akhir tahun ini.

Salah satu upayanya yakni menggelar vaksinasi di berbagai tingkatan pemerintah dan kerjasama dengan instansi lainnya. Bukan hanya itu vaksinasi juga digelar di rumah pribadi petugas medis, seperti halnya di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Minggu 28/11/21

Pelaksanaan vaksinasi itu digelar di rumah Bidan Nina, Vaksinasi yang dibuka pada sore hari itu pun menjadi daya tarik sendiri bagi warga yang akan mengikuti suntik vaksin yang beralamat di Kp. Sipon, Haurwangi RT02/RW01, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Bidan Nina Herdiana ST, yang dibantu oleh suaminya Deden Setia Hamzah S.Kep.Ners, Mengatakan, cara ini dilakukan untuk lebih mengajak atau merangkul warga. Responnya sendiri untuk suntik vaksin di rumahnya warga begitu antusias. Hal ini disebabkan lokasi rumah warga dekat dengan rumahnya.

“Untuk mengejar target juga untuk lebih mendekatkan ke masyarakat. Terutama jika sore warga tidak disibukkan dengan aktivitas atau pekerjaannya sehari-hari. Sehingga saat vaksin cukup banyak yang datang,” kata Bidan Nina.

Bidan Nina menambahkan, masyarakat lebih dekat dan mengenalnya. Di mana warga lebih percaya, sehingga dengan mudah datang ke rumahnya.

Terlebih banyak warga yang sibuk dengan pekerjaannya di sawah dan ladang. Untuk itu, dirinya secara tidak langsung harus menyesuaikan dengan kesibukan mereka.
Agar, target dari program vaksinasi itu tercapai.

“Ditambah setelah banyaknya informasi yang didapat oleh warga mengenai vaksinasi sangat penting selain untuk kesehatan diri pribadi juga penting untuk mengurus administrasi atau dokumen juga bantuan. Makanya mereka berdatangan mau divaksin,” kata Nina.

Vaksinasi dirumah bidan Nina, pun disambut antusias warga. Saepulaoh (50) warga setempat mengatakan, ia tidak bisa mengikuti vaksinais yang digelar di aula desa pada pagi hingga siang hari. Lantaran pada waktu itu, ia menghabiskan waktu di ladang. “Kalau sore bisa, kalau pagi sampai siang mah di kebon. Tempatnya juga dekat dari rumah ga perlu naek kendaraan lagi,” ujar Saepuloh.

Sementara itu, Camat Haurwangi Adang Sumaryadi, mengungkapkan bila capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Haurwangi hingga saat ini baru mencapai 47 persen. Capain tersebut masih sangat jauh dari target.

Maka dari itu, kata Adang Sumaryadi, pihaknya bersama Puskesmas dan Pemdes akan terus meningkatkan capaian dengan pelayanan vaksinasi hingga ke tingkat RT. “Pelaksanaan vaksinasi di rumah petugas bidan desa salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan. Mudah-mudahan saja dengan inovasi ini capaian target bisa terkejar dan penyebaran covid-19 dapat semakin berkurang,” pungkas Camat Adang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here