Umbara mendapat sambutan hangat dari pengurus PGRI Ciranjang dan masyarakat Ciranjang

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Guru Honorer K2 Sukma Umbara (31) yang melakukan aksi jalan kaki dari Kabupaten Indramayu menuju Jakarta, dihari ke 7 dalam perjalanannnya, menginap di rumah Wakil Ketua Cabang PGRI Ciranjang, Muhamad Mahdar di Kampung Bukit Pahlawan RT 02/02, Desa/Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Minggu (21/10)

Hal itu terpaksa dilakukan karena untuk melaksanakan perjalanan terlalu malam. Maka secara sepontan Umbara minta nginap di rumah warga setempat. Namun Pengurus Cabang PGRI Ciranjang langsung respek menyambut dengan antusia. Hingga akhirnya Umbara diinapkan di rumah pengurus Cabang PGRI Kecamata Ciranjang. Rencananya, Senin 22/10 sekira pukul 07.00 WIB berangkat lagi menuju Jakarta.

Sulma Umbara menjelaskan, perjalanan dari Indramayu menuju Jakrta, sejauh kurang lebih  200 KM. Memang cukup melelahkan. Hingga di hari yang ke 7 istirahat dan nginap di Ciranjang. Baru pada Senin pagi akan berangkat lagi berjalan kaki menuju Jakarta.

Selama dalam perjalanan, sambutan masyarakat tidak selamanya mulus sebagaimana yang diharapkan sebelumnya. Ternyata banyak pula yang mencaci, menghina, meludahi dan tidak sedikit yang antusias menyambut dengan penuh kegembiraan. Seperti halnya di Ciranjang, Haurwangi, Bojongpicung, Cianjur.

Karena itu, Umbara mengucapkan terima kasih pada  seluruh pengurus Cabang PGRI Ciranjang dan masyarakat Kabupaten Cianjur yang telah peduli, menyambut dan memberi pelayanan terhadapnya.

” Terima kasih kepada pengurus Cabang PGRI dan Pengurus Dinas  Pendidikan Kec Ciranjang yang telah peduli pada saya,” ucap Sukma.

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Ciranjang,  R Nandang Hermawan menjelaskan, Umbara adalah guru honorer yang berjuang membawa aspirasi seluruh guru honorer Indonesia. Saat tiba di Ciranjang, mendapat sambutan baik dari peungurus PGRI dan masyarakat. Sambutan terhadap Umbara itu dilakukan secara sepontan dan merupakan suatu kepedulian pihak pengurus Cabang PGRI Ciranjang. Karena telah berjalan kaki cukup jauh, Umbara kemalaman dan ingin istitahat di sekitar lingkungan Ciranjang. Karena itu, seluruh penguruss beserta Ketua Koordinator Pendidik Kecamatan Ciranjang sepakat untuk diistirahatkan dan nginap di rumah salah seorang pengurus PGRI Ciranjang.

Menurut keterangan dari Umbara, selama perjalanan dari Indramayu menuju Jakarta, tidak selamanya mulus malah banyak dicemoohan, dilecehkan dan kadang tidak diterima untuk nginap di lingkungan masyarakat. “ Semoga Umbara sampai ditempat tujuan dan semoga Presiden mau menerima aspirasi yang dibawanya,” kata Nandang.

Dilain pihak, Koordinator Pendidikan Kecamatan Ciranjang, Muhamad Sidiq menambahkan, penyambutan guru honor K2 yang berjalan kaki itu dilakukan secara sepontan. Baik penyambutan di perjalanan maupun penyambutan di rumah  Mahdar. “ Semoga dalam perjalanan menuju jakarta berjalan mulus, tidak seperti sebelumnya yang cukup memprihatinkan,” ucap Sidiq.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here