Curug Dengdeng yang masih asri dan perawan ini, perlu perhatian serius Pemkab Cianjur

Liputan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com   – Curug Dengdeng yang terletak di kawasan hutan Wangunjaya Desa Wangunjaya Naringgul Cianjur Selatan, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang harus ditata apik Pemerintah Kabupaten Cianjur, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.  Karena banyak pihak menilai, jika Curug Dengdeng ditata dan dikelola secara baik, diyakini akan dapat meningkat pendapatan daerah.

Curug yang masih terbilang perawan ini, memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Airnya bersumber dari  Sungai Ciwidig serta memiliki nuansa yang masih alami. Namun nampaknya belum tersentuh oleh pihak pemerintah daerah maupun pemerintahan setempat..

Seumpama kawasan wisata tersebut,  dikelola dengan baik oleh pemerintah, diyakini akan mampu meningkatkan pendapatan daerah dari segi pariwisatanya.

Memang, Curug Dengdeng sudah ada dari dulu. Namun kurang bahkan nyaris tidak ada perhatian sama sekali dari dinas terkait.

“ Kalau saja ada investor atau dinas pariwisata mau mengelola curug tersebut, saya rasa akan mampu meningkatkan pendapatan daerah, karena memiliki banyak potensi, yang bisa mengundang banyak wisatawan lokal maupun luar daerah,” kata Unang Ruhyat (35), salah seorang guru di SMK 1 Naringgul, saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut, Kamis (5/7)

Memang jarak tempuh ke lokasi curug sangat jauh. Kurang lebih sekitar 1 KM dari Kampung Cicadas melewati Wangunjaya. Namun sangat disayangkan untuk menuju lokasi wisata tersebut, belum memiliki akses jalan yang layak untuk para pengunjung.

” Ya, adapun jalan yang bisa dilewati saat ini, harus melalui tebing-tebing yang berada atas tanah warga setempat. Andaikan pihak Perum Perhutani RPH bekerja sama dengan pemerintah, membangun akses jalan menuju kawasan wisata tersebut, pastinya akan menjadi wisata air terjun Niagara versi Indonesia,” kata Unang mengatakan sembari tersenyum.

Ditemui ditempat yang berbeda, terkait adanya lokasi air curug di kawasan lahan perum perhutani, Asper Perum Perhutani, M. Aris mengatakan, benar keberadan air terjun Curug dengdeng berada di kawasan hutan Perhutani Wangunjaya, Naringgul, Cianjur.

” Lokasi air terjun memang benar berada dikawasan Perum Perhutani, tetapi yang jadi kendala akses jalannya. Saat ini jalan yang biasa dilewati, berada ditanah milik warga setempat. Menyikapi hal tersebut semua pihak baik desa dan Perum Perhutani harus bekerjasama. Kalau dikelola dengan baik, air terjun Curug Dengdeng bisa menjadi aset untuk Pemda Cianjur dan bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat,” kata Aris.

Pada intinya, lanjut Aris, pihak Perum Perhutani KRPH Cidaun, BKPH Sindangbarang, KPH Cianjur, Siap bekerjasama baik dengan investor atau dengan dinas pariwisata. “ Tentunya dalam hal pembangunan dan pengembangan obyek wisata yang ada dikawasan hutan kami,” jelas Aris.

Menurut keterangan, saat ini upaya yang dilakukan pihak perhutani  terkait dengan adanya Air terjun Curug Dendeng akan merintis bagaimana supaya kedepannya bisa menjadi obyek wisata yang besar di Cianjur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here