Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com  –  Guna mengurangi pencemaran limbah tinja penduduk, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Cisarandi membangun Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal dan perpipaan. IPAL  tersebut dibangun di wilayah Kampung Cibening Rt 02/03 Desa Cisarandi.

Ketua  KSM Cisarandi, Rudi Hermansyah mengatakan, tujuan dari pembangunan IPAL Kominal dan Perpipaan tersebut, karena masih banyak warga yang membuang limbah tinja ke saluran irigasi.

” Untuk itu pembangunan IPAL Kominal ini bisa menjadi bagian dari program kebersihan dan pengelolaan lingkungan wilayah Desa Cisarandi,” ujarnya, Selasa (24/12).

Lanjut Rudi, biaya pembangunan IPAL tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), pembangunan IPAL tersebut polanya swakelola. ” Kami hanya menyediakan bahannya, yang mengerjakan IPAL masyarakat sekitar,” tuturnya.

Rudi juga mengatakan, anggaran yang sudah disediakan dari pemerintah pusat untuk membuat sebuah instalasi IPAL Komunal, senilai Rp. 500 juta. ” Adapun kendala yang ditemui dalam membuat IPAL komunal ialah ketersediaan Iahan dari masyarakat yang sudah mempunyai sambungan rumah (SR) untuk pembuangan tinja ke IPAL tersebut, “ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, Babinsa Desa Cisarandi Serda Kolbin.A. menambahkan, pihaknya sangat mendukung adanya pembangunan Ipal Komunal. Karena sangat bermanfaat dalam menjaga lingkungan yang sehat.

Maka dengan demikian, solusi yang dapat dilakukan pada masyarakat ialah membangun IPAL secara swadaya. ” Pemerintah sifatnya hanya memberi stimulan jadi perlu dukungan dari masyarakat juga,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here